Rawon Jadi Sup Terenak di Dunia, Kalahkan Ramen

Kamis, 3 Agustus 2023 - 11:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Makanan asal Jawa Timur rawon baru saja dinobatkan sebagai sup terenak di dunia versi Taste Atlas pada Minggu (30/7/2023) lalu.

Bahkan kuliner tradisional kebanggaan warga Jawa Timur ini menempati posisi pertama dan mengalahkan ramen dari Negara Jepang dan Tom Kha Gai dari Thailand.

Rawon yang identik dengan kuah pekat berwarna hitam tersebut dinilai Taste Atlas secara keseluruhan mendapat bintang 4,8 dari total 5.

Dikutip dari laman Taste Atlas, rawon merupakan sup beraroma yang dibuat menggunakan daging sapi yang direbus perlahan, cita rasa rawon semakin kaya dengan tambahan berbagai macam bumbu tradisional seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai.

Ciri khas rawon adalah memiliki kuah berwarna hitam yang berasal dari penggunaan bumbu dapur kluwek.

Namun menariknya penggunaan kluwek dianggap beracun jika dikonsumsi tanpa diolah.

Sebelum digunakan, kluwek harus difermentasi terlebih dahulu luwet ditumpuk dengan bahan dan rempah-rempah lainnya sehingga memberikan rasa asam dan gurih serta warna hitam pekat yang unik pada hidangan rawon.

Rawon biasanya disajikan dengan nasi hangat, telur asin, kecambah, hingga sambal bagi mereka yang suka makanan pedas. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral