Cacing Purba Berhasil Dibangkitkan Dari Tidur Panjang 46 Ribu Tahun

Senin, 14 Agustus 2023 - 13:32 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sebuah hewan purbakala berhasil bangkit lagi setelah membeku selama 46.000 tahun. Hewan tersebut adalah cacing kuno Panagrolaimus kolymaensis, yang terperangkap di Permafrost Siberia.

Hewan kecil yang disebut nematoda ini bisa dihidupkan kembali dari tidur panjangnya.

Para peneliti menemukan cacing kuno ini bersarang di dalam liang tupai yang membatu. Diekstraksi dari Permafrost dekat Sungai Kolyma pada tahun 2002.

Para ilmuwan membangunkan kembali nematoda beku ini pada tahun 2018 tetapi usia dan spesiesnya waktu itu masih belum diketahui pasti.

Kini sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal plos genetic telah menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Melansir dari situs live science nematoda juga disebut cacing gelang adalah salah satu dari sedikit organisme yang mampu bertahan hidup di lingkungan ekstrim untuk waktu yang lama.

Untuk melakukannya mereka memasuki keadaan yang disebut cryptobiosis dimana semua proses metabolisme dimatikan sendiri sampai kondisi lingkungan membaik sebagai respon terhadap keadaan beku.

Mereka akan mengurangi konsumsi oksigen dan jumlah panas yang dihasilkan oleh proses metabolisme ke tingkat yang tidak terdeteksi.

Peneliti menunjukkan bahwa nematoda tanah ini telah bertahan hidup selama 46.000 tahun.

Dari studi ini, para peneliti berharap bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang mekanisme bertahan hidup yang luar biasa ini. 

Mereka juga menyimpan harapan pada metode baru dalam penyimpanan sel dan jaringan untuk jangka panjang. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral