Fakta Suara Pembacaan Teks Proklamasi Bung Karno

Kamis, 17 Agustus 2023 - 15:32 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Proklamasi menjadi momen sakral bagi kemerdekaan bangsa Indonesia. Namun momen proklamasi juga memiliki sisi lain yang mungkin tidak banyak orang tahu,  salah satunya adalah tentang suara pidato Bung Karno saat membacakan Teks Proklamasi.

Suara Bung Karno terdengar jelas bicaranya tenang berwibawa dan penuh penghayatan. Siapapun yang mendengarkan seakan berada dalam suasana pembacaan Proklamasi kala itu.

Namun tahukah Anda pidato ini bukanlah suara yang direkam pada tanggal 17 Agustus 1945?

Suara tersebut direkam pada tahun 1951 atau 6 tahun setelah Indonesia merdeka di studio Radio Republik Indonesia atau RRI.

Jurnalis Sejarah Hendi Jo mengatakan pada saat itu semua tertuju pada acara pembacaan Proklamasi hingga tidak sempat berpikir untuk merekam suaranya Bung Karno.

“Ketika semuanya sudah selesai dan beberapa wartawan ingin kembali diputar lagi dan ternyata suaranya tidak ada. Nah sudah setelah itu beberapa kali Bung Karno disarankan untuk mengulang kembali membacakan Proklamasi itu terutama oleh pendiri Radio Republik Indonesia Pak Yusuf Ronodipuro,” tutur Hendi.

Awalnya Bung Karno menolak. Namun setela diyakinkan oleh Yusuf bahwa hal tersebut berguna untuk pembelajaran sejarah, Bung Karno pun setuju untuk merekam pembacaan teks Proklamasi di Jalan Merdeka Barat yang sekarang menjadi kantor RRI. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral