Jokowi Singgung Ketahanan Pangan di Tengah Ancaman Perubahan Iklim

Jumat, 29 September 2023 - 16:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Selain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP hari ini (29/9/2023) juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. 

Jokowi menyinggung terkait ketahanan pangan ditengah ancaman perubahan iklim  di Indonesia dalam pidatonya di Rakernas PDIP siang ini. 

Dirinya menyatakan tema di Rakernas PDIP kali ini sangat relevan dengan keadaan yang tengah dihadapi oleh negara kita yaitu ancaman perubahan iklim. 

"Ancaman perubahan iklim nyata dan sangat kita rasakan dalam kehidupan kita sehari2 saat ini seperti kenaikan suhu bumi, kekeringan, kemarau panjang, sehingga menyebabkan gagal panen yang mempengaruhi pasokan pangan untuk Rakyat Indonesia," jelas Jokowi.

Perubahan iklim yang kedua juga yang berkaitan dengan geopolitik dunia yang berpengaruh pada pasokan pangan.  

"Artinya sekali lagi pangan menjadi kunci seperti yang disampaikan oleh Bung Karno. Pangan merupakan mati dan hidupnya suatu bangsa. Itu betul sekali! beliau sudah melihat kejadian yang skrg ini kita alami," tambahnya. 

"5 tahun ke depan, 10 thn kedepan visi itu harus kita miliki, plan yang detail, rencana yang detail itu harus kita miliki sehingga jelas berapa waktu yang harus kita siapkan. Artinya masih perlu kerja keras untuk menyelesaikan infrastruktur yang berkaitan dengan pangan yang kita miliki," tutupnya. Berikut selengkapnya. 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral