Puluhan Siswa SD Keracunan, Dua Sampel Jajanan Diuji di Laboratorium

Kamis, 12 Oktober 2023 - 14:28 WIB

Kab. Bandung, tvOnenews.com - Tiga siswa SD Negeri 1 Cimerang yang mengalami keracunan massal tidak masuk sekolah dan saat ini masih menjalani perawatan.

Ketiganya masih lemas. Sementara sebagian besar siswa lainnya telah kembali belajar di sekolah.

Kasus keracunan massal menimpa siswa-siswi SD Negeri 1 dan 2 Cimerang, Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Jawa Barat.

Para siswa sempat mengalami mual, muntah-muntah, pusing, dan diare usai meminum susu fermentasi yang dijual di warung dekat sekolah.

Awalnya pihak sekolah belum tahu keracunan berasal dari susu fermentasi namun dugaan mengemuka setelah minum langsung hingga merasakan gejala mual-mual.

Pada perkembangannya sebagian besar siswa sudah pulih. Hanya tiga orang siswa yang kondisinya masih lemas sehingga tidak masuk sekolah.

Setelah terindikasi gejala keracunan pihak sekolah mendatangkan petugas Puskesmas Cimareme untuk melakukan penanganan medis.

Setelah mendapat perawatan para siswa berangsur pulih dan tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa Dinas Pendidikan telah menghimbau pihak sekolah untuk mengawasi konsumsi jajanan siswa serta menganjurkan para orang tua untuk membekali makanan dan minuman dari rumah.

Tim medis Puskesmas Padalarang menegaskan peristiwa itu gejalanya mengarah ke keracunan.

Terdapat dua sampel makanan yang telah diambil untuk diuji di laboratorium kesehatan. Hasil pemeriksaan akan keluar dalam 1-7 hari ke depan. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral