Fenomena Self Harm Gemparkan Magetan

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 10:26 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Aksi ikut-ikutan melukai dirinya sendiri secara disengaja atau trending self harm barcode ternyata kini mulai merambah di kalangan pelajar di Magetan, Jawa Timur. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Rochmat Hidayat mengatakan, temuan aksi melukai diri sendiri atau self harm ini berawal dari kegiatan rutin screening kesehatan ke sekolah. 

Menurut Rochmat, tanda kejanggalan tersebut adalah mirip seperti bekas luka sayatan benda tajam, layaknya luka pada orang yang bunuh diri dengan menyayat nadinya dengan pisau atau benda tajam lainnya. 

Dari total siswa-siswi yang dilakukan screening, 76 siswi di sekolah tersebut, didapati memiliki bentuk luka yang hampir sama.

Kemudian petugas langsung melakukan pemeriksaan dan pendampingan konseling kepada para siswi tersebut. Dan hasilnya memang sangat mengejutkan, mereka ternyata dengan sengaja melukai dirinya sendiri.

Pemeriksaan lebih lanjut pun akan dilakukan yang bekerja sama dengan pihak sekolah maupun puskesmas setempat, apa yang melatarbelakangi aksi melukai dirinya sendiri atau self harm. Berikut selengkapnya. 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral