Suhartoyo Janji akan kembalikan Kepercayaan Publik Terhadap MK

Kamis, 9 November 2023 - 15:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Hakim Konstitusi Suhartoyo terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi menggantikan Anwar Usman yang dicopot melalui putusan Majelis Kehormatan MK.

Suhartoyo mengaku terpanggil untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap Mahkamah Konstitusi.

Hakim Konstitusi Suhartoyo terpilih menjadi ketua Mahkamah Konstitusi dalam rapat pemilihan Ketua MK yang digelar secara tertutup di Gedung Mahkamah Konstitusi.

Keputusan ini disepakati secara musyawarah dan mufakat oleh hakim konstitusi lainnya.

Suhartoyo terpilih menjadi hakim konstitusi menggantikan Anwar Usman yang dicopot dari jabatan Ketua MK oleh Majelis Kehormatan.

Suhartoyo mengaku menyanggupi menjadi ketua MK karena ada permintaan dari para Hakim Konstitusi lainnya serta terpanggil untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap Mahkamah Konstitusi.

Pencopotan Anwar Usman dari jabatannya sebagai ketua MK karena Anwar Usman dinilai melanggar kode etik Hakim konstitusi dalam melakukan putusan gugatan mengenai batasan usia capres-cawapres.

Dalam putusannya Mahkamah Konstitusi membolehkan seseorang berusia di bawah 40 tahun menjadi capres cawapres selama berpengalaman menjadi Kepala Daerah yang dipilih melalui mekanisme Pemilu.

Putusan ini membuat Gibran Rakabuming Raka yang merupakan keponakan Anwar Usman yang merupakan keponakan Anwar Usman melenggang dalam Pilpres 2024. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral