Tekan Kasus DBD, Pemerintah Kota Bandung Tebar Telur Nyamuk Wolbachia

Rabu, 29 November 2023 - 13:26 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Kota Bandung menjadi kota pertama yang mendapat penyebaran nyamuk Wolbachia, yakni nyamuk edes igepti yang diinjeksi bakteri Wolbachia.

Rekayasa nyamuk ini bertujuan untuk menekan angka penyakit DBD di Kota Bandung menyusul tingginya kasus DBD di wilayah tersebut.

Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat gencar menebar telur nyamuk Wolbachia di sejumlah wilayah, salah satunya di kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Ujung Berung. Langkah ini dilakukan untuk menanggulangi wabah DBD. 

Petugas Dinas Kesehatan mengganti dua ember yang sebelumnya sudah diisi telur Wolbachia karena sudah berhasil menetas seluruhnya.

Petugas kemudian mengganti air bekas pakai dan menabur telur Wolbachia  yang baru.

Dalam satu kantong plastik berisi 250 butir telur nyamuk Wolbachia dengan persentase kehasilan menetas 25 hingga 100 persen.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Ira Dewi menyatakan nyamuk-nyamuk tersebut adalah nyamuk aedes aegypti yang disuntik oleh bakteri Wolbachia.

Sebelumnya PJ Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Mahmudin menyatakan meskipun ada kabar penolakan nyamuk Wolbachia tidak berbahaya dan justru terbukti bisa membantu mencegah penyebaran penyakit DBD.

Pemkot Bandung akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan akan mengimplementasikan langkah ini di kecamatan lain yang memiliki angka kasus DBD tinggi. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral