Analisa Ahli Mikro Ekspresi Soroti Debat Perdana Capres

Rabu, 13 Desember 2023 - 12:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Debat perdana berlangsung begitu seru, apalagi ketika capres Anies Baswedan dengan capres Prabowo Subianto saling berbalas argumen. Lantas apa arti gestur diantara para capres ketika debat tadi malam? 

Monica Kumalasari selaku ahli mikro ekspresi pun menganalisa ekspresi dari para calon presiden. 

Menurutnya, faktor emosi berperan sekali dalam menyampaikan sejumlah hal dalam debat kemarin yang dimana menjadi momen untuk menunjukan seluruh kemampuan dan apa yang selama ini dirasakan oleh para masing-masing calon presiden. 

Dari analisa Monica untuk calon presiden nomor urut 1 Prabowo Subianto, menurutnya banyak orang yang beranggapan senyum Prabowo semalam penuh dengan sikap ‘nyinyir’,  padahal bisa jadi hal itu dikarenakan faktor kesehatan atau otot-otot yang ada pada wajah.  

Namun, jika didengar dari intonasi suara yang rendah atau berada di bawah, suara Prabowo Subianto terdengar sangat menyimpan emosi yang mendalam dan intonasi suara tersebut menjadi satu cara gambaran leader dalam menghadapi suatu permasalahan atau rasa emosional. 

Adapun pendapat Monica yang menyebutkan dari ketiga capres, Ganjar Pranowo lah yang bisa dengan baik menahan emosi dalam gelaran debat tadi malam. 

Gesturnya pun selaras dengan apa yang diucapkan dan ekspresi-ekspresi yang cepat dalam wajah Ganjar Pranowo, sehingga seimbang dan dapat menyampaikan gagasan dan ide sesuai pada jalurnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral