Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Hujan Abu Vulkanik Mengguyur Permukiman Warga

Selasa, 2 Januari 2024 - 09:25 WIB

Larantuka, tvOnenews.com - Ribuan warga mengungsi pasca erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Diketahui, aktivitas Gunung Lewotobi Laki-Laki  di Kecamatan Wulanggitang,  Kabupaten Flores Timur kembali meningkat sejak Minggu (31/12/2023) malam. 

Akibatnya, ribuan warga di 2 kecamatan yang dikelilingi oleh gunung api dengan ketinggian 84 dari permukaan laut ini terpaksa mengungsi. 

Pihak PVMBG pun menantikan status gunung dari waspada ke siaga, menyusul adanya pusat erupsi baru yang berasal dari rekahan di sebelah tenggara puncak gunung.

Sedikitnya, 800 warga kini terpaksa menyelamatkan diri dengan mengungsi ke Kantor Camat Wulanggitang yang saat ini membutuhkan bantuan berupa makanan alas tidur dan perlengkapan bayi serta balita. 

Untuk mengatasi pengungsi, Pemerintah Kabupaten Flores Timur, tengah menyiapkan sejumlah lokasi pengungsian untuk menampung ribuan warga yang berada di 2 kecamatan di bawah kaki Gunung Api Lewotobi Laki-laki tersebut. (ayu)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral