Aroma Politik Uang di Pilpres 2024, Sejauh Mana Bawaslu Bertindak?

Selasa, 2 Januari 2024 - 16:16 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Aksi pemberian uang hingga sembako marak terjadi di musim kampanye ini yang dilakukan oleh para pendukung hingga para peserta Pilpres 2024.

Jika ada aroma politik uang di Pilpres 2024 lalu bagaimana sikap Bawaslu mengenai hal tersebut?

Aksi bagi-bagi susu yang dilakukan calon wakil presiden nomor urut 2 menuai polemik.

Tak hanya saat berkegiatan di Car Free Day Bundaran Hotel Indonesia, Gibran juga melakukan kegiatan bagi-bagi susu dan buku di wilayah Tangerang saat sedang blusukan kampanye.

Aksi bagi-bagi juga dilakukan Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah saat berada di wilayah Pamekasan Madura, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Aksi Gus Miftah bagi-bagi uang ke ratusan warga Pamekasan bahkan viral dan menjadi perbincangan publik.

Aksi bagi-bagi di masa kampanye Pilpres 2024 juga dilakukan sejumlah relawan paslon, salah satunya aksi bagi-bagi telur yang dilakukan relawan dan kader PDI Perjuangan di Pasuruan, Jawa Timur.

Meski ada sejumlah peristiwa tersebut sejumlah kubu pendukung capres cawapres menampik ada politik uang dalam Pilpres 2024.

Meski diklaim tidak melakukan politik uang, Bawaslu selaku Pengawas Pemilu tetap mengingatkan untuk tidak melakukan politik uang atau sejenisnya saat masa kampanye.

Jika ada aroma politik uang di Pilpres 2024 Mampukah Bawaslu bersikap tegas kepada mereka yang secara terang-terangan melakukan hal tersebut? (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral