Muhaimin Blak-blakan Kritik Proyek Food Estate

Rabu, 17 Januari 2024 - 09:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sempat menyatakan akan menghentikan proyek Food Estate yang digagas pemerintah saat ini. 

Sebelumnya, proyek ini masuk dalam program strategis nasional dan direncanakan akan dibangun di beberapa wilayah di Indonesia. 

Muhaimin menganggap, proyek raksasa tersebut tidak mempunyai perencanaan yang matang, terlebih membangun Food Estate harus membabat hutan ribuan hektar. 

Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB ini memilih untuk memberdayakan para petani untuk menjadi kekuatan produksi pangan. 

Baginya, salah satu hal yang hingga saat ini begitu penting yaitu keberadaan pupuk yang langka dan mahal bagi petani. 

Muhaimin dengan tegas menyatakan, jika dirinya bersama Anies Baswedan terpilih, ia akan menghentikan proyek Food Estate dan menggantikannya dengan program lain terutama program ketersediaan pupuk. 

Diketahui, proyek Food Estate yang dicanangkan Presiden Jokowi melibatkan lintas kementerian yaitu Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian dan Kementerian Pertahanan yang dimana presiden mengalokasikan dana 108,8 triliun rupiah dalam mendukung ketahanan pangan nasional. 

Food Estate rencananya akan dibangun di 5 daerah berbeda yaitu Sumatera Utara,  Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Papua yang merupakan proyek prioritas strategi mengacu pada Perpres Nomor 108 Tahun 2022. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral