Beragam Isu Lingkungan di Indonesia dalam Debat Pilpres 2024

Minggu, 21 Januari 2024 - 16:04 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Debat putaran keempat Pilpres 2024 yang akan digelar hari ini mengangkat isu di antaranya seputar lingkungan hidup, energi pangan, hingga soal masyarakat adat dan desa.

Di tengah isu pemanasan global yang masih mencuat, perlu rasanya menengok isu lingkungan di tanah air dan apa saja solusinya.

Masyarakat dunia kini tengah dihadapkan pada sejumlah persoalan khususnya terkait isu lingkungan hidup.

Tidak hanya isu pemanasan global tapi ancaman krisis pangan dan air, energi hingga kepunahan keanekaragaman hayati juga turut menghantui.

Bukan serta-merta bila isu lingkungan hidup menjadi salah satu tema dalam Debat Pilpres 2024.

Ringkasnya, masukan dari sejumlah pegiat lingkungan hidup yang diserap oleh Komisi Pemilihan Umum menjadi salah satu alasan mengusung tema tersebut.

Apalagi republik tercinta ini dikaruniai sumber daya alam yang melimpah dan kaya akan keanekaragaman hayati yang bukan tidak mungkin keberadaannya bakal terancam jika sampai salah kelola.

Di atas kertas setiap pasangan capres dan cawapres bersama tim pemenangannya tentu telah menyusun konsep terkait tema debat nanti malam semenarik mungkin.

Walau begitu setiap kubu dinilai memiliki titik lemahnya. Semua paslon punya kelemahan di dalam hal lingkungan.

Meski Bukan kali ini saja isu lingkungan hidup diangkat sebagai salah satu tema dalam Debat Pilpres, namun soal penegakan hukum seakan menjadi masalah klise.

Ditambah lagi kebijakan lingkungan yang diambil para pemangku kepentingan dinilai kerap berseberangan dengan semangat pelestarian.

Alhasil konsep pro-lingkungan yang sudah disusun susah paya itu pun tersandera dan tak ubahnya mimpi indah saja.

Ke depan, rasa-rasanya butuh kesungguhan yang lebih darada pemangku kepentingan untuk mengurai persoalan lingkungan hidup, energi, pangan, hingga soal masyarakat adat dan desa agar janji-janji manis kampanye itu tertunaikan. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral