Heboh Narkoba "Zombie" di AS, Jumlah Pengguna Alami Peningkatan

Senin, 22 Januari 2024 - 13:20 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Amerika Serikat belakangan menjadi sorotan lantaran fenomena orang kecanduan narkoba semakin banyak dan mengkhawatirkan. 

Di beberapa kota bisa terlihat orang-orang kecanduan narkoba hingga pingsan dibiarkan begitu saja di jalanan hingga seperti 'wabah zombie'.

Dalam beberapa video yang viral di jagat maya tampak jalanan di area Kensington, Philadelphia, dipenuhi warga yang bertingkah layaknya zombie. 

Mereka melangkah sempoyongan bahkan pingsan di jalanan akibat kecanduan narkoba.

Ternyata, 'wabah zombie' yang melanda kota Philadelphia adalah akibat penyalahgunaan Xylazine atau Tranq.

Xylazine merupakan jenis narkoba baru yang berasal dari obat bius kuda dan penyalahgunaannya diduga memiliki efek yang lebih kuat dibanding obat lainnya.

Narkoba jenis ini menjadi favorit banyak orang di 'kota zombie' karena sangat mudah didapat dan harganya relatif murah. 

Statusnya yang biasa digunakan dalam industri kedokteran hewan, obat tersebut bukanlah zat yang peredarannya terbatas di Amerika.

Siapapun yang memiliki lisensi dokter hewan dapat memesannya secara online. Bahkan meski tidak ada hubungannya dengan profesi dokter hewan atau bukti kebutuhan yang sah mereka juga bisa mendapatkannya.

Pecandu yang berulang kali menggunakan obat-obatan mengandung xylazine bisa mengalami luka terbuka dengan jaringan mati berwarna hitam. Jika tidak ditangani, pada akhirnya akan berakhir pada amputasi. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral