Mahfud MD Mundur dari Kabinet Jokowi, Adi: Pilihan Terbaik

Rabu, 31 Januari 2024 - 14:55 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju sebagai Menko Polhukam. 

Namun, ia tak mengundurkan diri begitu saja, dan ia juga menyinggung soal etika dalam pengunduran dirinya sebagai menteri, hingga melontarkan peribahasa jawa.  

Mahfud dalam hal ini, jelaskan bahwa dirinya akan berpamitan dengan baik-baik secara langsung kepada Presiden Joko Widodo saat mengundurkan diri dari jabatan sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam). 

"Karena kami diberi tugas dan menerima tugas dengan saling menghormati, maka saya tidak akan tinggal glanggang colong playu. Saya akan pamit baik-baik," ujar Mahfud di Lampung, Rabu (31/1/2024).

Lanjut Mahfud katakan, dirinya dulu diangkat secara penuh kehormatan dan kepercayaan oleh Presiden Jokowi. 

Oleh karena itu, Mahfud merasa dia harus mengedepankan etika untuk mengembalikan jabatan yang dipercayakan kepada dirinya secara baik pula.

Ia pun sampaikan, bahwa surat pengunduran dirinya akan disampaikan secara langsung begitu dia mendapatkan jadwal untuk bertemu dengan Jokowi.  

Bahkan, Mahfud memperkirakan surat pengunduran dirinya tersebut akan diserahkan pada Kamis (1/2/2024).

Dia juga menyebut pengunduran dirinya dari jabatan menko polhukam telah disepakati dengan capres Ganjar Pranowo serta seluruh partai politik yang mengusung pasangan calon Ganjar-Mahfud.

Sebelumnya, keinginan untuk mundur dari jabatan menko polhukam itu telah diutarakan Mahfud pada acara "Tabrak Prof" di Semarang, Jawa Tengah, Selasa malam (23/1/2024). 

Saat itu, ia katakan, dirinya sedang menunggu waktu yang tepat untuk mundur dari kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral