Jokowi Tanggapi Petisi Bulaksumur Civitas Akademika UGM

Kamis, 1 Februari 2024 - 18:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo menanggapi singkat munculnya petisi Bulaksumur yang dibuat oleh Civitas Akademika Universitas Gadjah Mada yang terdiri dari sejumlah guru besar, dosen, dan mahasiswa. Jokowi mengatakan petisi BulakSumur adalah hak demokrasi.

Presiden Joko Widodo tak banyak bicara menanggapi munculnya petisi Bulaksumur Civitas Akademika Universitas Gadjah Mada (UGM).

Presiden Jokowi menyatakan petisi itu sebagai hak berdemokrasi setiap warga negara.

"Itu hak demokrasi," tutur Jokowi kepada wartawan saat dimintai tanggapan Petisi Bulaksumur di Pasar Kota Wonogiri

Sebelumnya, sejumlah civitas academica UGM, termasuk guru besar, mengkritik pemerintahan Jokowi karena dianggap melakukan tindakan menyimpang dalam proses penyelenggaraan negara.

Petisi Bulaksumur itu muncul setelah mereka mencermati dinamika perpolitikan nasional beberapa waktu terakhir.

Mereka menyampaikan keprihatinan mendalam atas tindakan menyimpang dari prinsip-prinsip moral demokrasi, kerakyatan, dan keadilan sosial oleh sejumlah penyelenggara negara di berbagai lini.

"Kami menyesalkan tindakan-tindakan menyimpang yang justru terjadi dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo yang juga merupakan bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada," ucap Guru Besar Fakultas Psikologi UGM, Koentjoro membacakan isi petisi di Balairung UGM, Sleman, DIY, Rabu (31/1/2024). (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral