Zulkifli Hasan Menjawab soal Kenaikan Harga Beras

Senin, 26 Februari 2024 - 12:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri perdagangan Zulkifli Hasan mengecek harga beras dan bahan pokok lainnya di Pasar Klender, Jakarta Timur. 

Langkah ini dilakukan menyusul naiknya harga beras dan sejumlah bahan pangan di pasaran seperti ayam potong, telur, dan cabai.

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan bahwasanya harga beras yang melambung tinggi disebabkan oleh jadwal hujan yang bergeser dari perkiraan. 

Politikus yang akrab disapa Zulhas ini mengatakan seharusnya hujan mulai turun di bulan September hingga Desember, namun nyatanya intensitas hujan justru terjadi di bulan Januari dan Februari. "

Kita (musim) tanamnya geser, kan mestinya September, Oktober, November, Desember sudah hujan, nah hujannya kan baru," tutur dia saat sidak Pasar Rakyat Klender, Jakarta Timur, Senin (26/2/2024). 

Sementara, menurut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini jika jadwal hujan tidak bergeser maka diperkirakan sudah panen raya pada bulan Januari atau Februari.

Selain itu, yang juga menjadi faktor terjadinya kenaikan harga beras dikarenakan daya beli yang tinggi sementara pasokan rendah. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral