PVMBG Temukan Sejumlah Faktor Penyebab Bencana Pergerakan Tanah di Bandung Barat

Selasa, 5 Maret 2024 - 10:39 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menemukan sejumlah faktor yang menyebabkan pergerakan tanah di Desa Cibedug, Kampung Cigombong, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Faktor-faktor tersebut ditemukan setelah petugas PVMBG Bandung mengkaji secara langsung retakan-retakan tanah, baik di sejumlah bangunan yang ambruk, jalan yang amblas maupun sejumlah titik kawasan sungai di daerah pergerakan tanah. 

Kajian juga dilakukan secara visual dari udara. Adapun salah satu faktor yang menyebabkan pergerakan tanah adalah erosi sungai. 

Pihak PVMBG pun tidak merekomendasikan warga untuk menghuni kawasan tersebut karena sewaktu-waktu bisa kembali terjadi pergerakan tanah atau longsoran. 

Adapun pergerakan tanah di Desa Cibedug, Kampung Cigombong, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini menghancurkan 10 bangunan rumah dan fasilitas umum, 44 rumah rusak akibat retakan dan 192 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral