Tradisi Unik di Boyolali untuk Menyambut Bulan Ramadan

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:02 WIB

Boyolali, tvOnenews.com - Pemerintah Kabupaten Boyolali menggelar tradisi padusan guna menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Tradisi tersebut melibatkan belasan muda-mudi menjalin ritual siraman dan juga mandi bersama di sumber air sebagai simbol mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa.

Padusan diawali dengan kirab budaya dari halaman Kecamatan Banyudono menuju Kompleks pemandian Tirto Mulyo Pengging yang jaraknya sekitar 2 km.

Perwakilan muda-mudi yang disebut mas dan mbak menjalani prosesi siraman di Umbul Ngabean di salah satu sumber air yang ada di Kompleks pemandian Tirtomulyo.

Usai ritual siraman pasangan mas dan mbak serta para pengiringnya secara bergantian masuk ke dalam sumber air atau yang disebut umbul untuk melakukan mandi bersama dengan cara menyelam ke dalam air.

Tradisi padusan merupakan warisan para leluhur di tanah Jawa yang dilakukan setiap menjelang puasa dengan tujuan membersihkan kotoran yang ada dalam tubuh sehingga nantinya dapat menjalankan ibadah puasa dengan hati yang bersih. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral