Korban Tewas Banjir dan Longsor di Sumbar Capai 30 Orang

Selasa, 12 Maret 2024 - 08:48 WIB

Padang, tvOnenews.com - Dampak cuaca buruk yang melanda Sumatera Barat pada Kamis (7/3/2024) lalu menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor hingga menimbulkan kerugian materi mencapai 200 miliar rupiah lebih. Bahkan, bencana ini juga memakan korban jiwa sebanyak 30 orang. 

Hal itu dipaparkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Suharyanto.

"Bencana ini cukup masif karena mengakibatkan korban jiwa 27 orang di Kabupaten Pesisir Selatan dan tiga orang di Kabupaten Padang Pariaman," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto di Padang, Senin (11/3/2024).    

Selain korban jiwa, bencana hidrometeorologi juga mengakibatkan kerusakan infrastruktur di Ranah Minang dengan memperkirakan kerugian sementara mencapai Rp226 miliar lebih. 

Menyikapi dampak bencana tersebut Presiden menginstruksikan BNPB merespons cepat kondisi yang terjadi di Tanah Air. Berdasarkan data instansi itu terdapat 12 kabupaten dan kota di Provinsi Sumbar yang terdampak banjir. 

Dari 12 kabupaten dan kota itu, lima diantaranya menetapkan status darurat.

Kelima daerah itu terdampak bencana yang cukup masif dan besar yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Pasaman Barat. 

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumbar Mahyeldi menambahkan bencana banjir dan tanah longsor diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya intensitas curah hujan yang tinggi lebih dari 12 jam. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral