BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Buruk yang Landa Sebagian Wilayah di Indonesia

Jumat, 15 Maret 2024 - 10:43 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi cuaca ekstrem yang terjadi di Bandung Raya akan terjadi sepanjang sepekan ke depan. 

BMKG pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana seperti banjir, longsor dan pergerakan tanah.

Pihak BMKG mengatakan terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan atau terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat sepekan ke depan dari tanggal 14 Maret hingga 20 Maret. 

Beberapa gelombang atmosfer diantaranya yaitu gelombang atmosfer Madden Julian Oscilation (MJO) aktif pada kwadran 5. 

Selain itu, gelombang Kelvin dan gelombang Rossby Equator aktif di wilayah Jawa Barat. Bibit siklon tropis 91S di Samudra Hindia sebelah barat daya Banten yang diperkirakan menjadi siklon tropis.

Kondisi tersebut dapat membentuk pertemuan angin dan belokan angin di wilayah Jawa Barat. Selain itu, suhu muka laut naik mengindikasikan adanya potensi suplai uap air ke wilayah Jabar.

Sementara itu, curah hujan di wilayah Kalimantan, terutama Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, papua, Papua Barat dan Maluku juga cukup tinggi. (ayu)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:01
10:24
12:52
12:57
03:32
01:33
Viral