PSSI Layangkan Protes ke AFC Terkait Kepemimpinan Wasit Laga Indonesia Vs Qatar

Selasa, 16 April 2024 - 18:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan akan melayangkan surat protes ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) buntut kinerja wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov yang kontroversial. 

Timnas Indonesia U-23 memulai turnamen Piala Asia U-23 2024 dengan kekalahan 0-2 atas tuan rumah Qatar di Stadion Jassim bin Hamid, Senin (15/4/2024). 

Gol Qatar U-23 ke gawang Timnas Indonesia U-23 diciptakan penalti Khalid Ali Sabah (45+1') dan tendangan bebas Ahmed Al Rawi (54'). 

Namun dalam laga perdana tersebut, muncul sejumlah kejanggalan termasuk kinerja wasit dalam mengambil beberapa keputusan yang dianggap kontroversial.

Termasuk saat wasit Nasrullo Kabirov mengusir dua pemain Timnas Indonesia U-23, Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta. 

Melihat sejumlah kejanggalan yang merugikan Timnas Indonesia U-23, PSSI selaku induk sepak bola Indonesia mengambil langkah untuk melayangkan surat protes ke AFC.

Erick Thohir yang saat itu juga langsung menemui para pemain Timnas Indonesia U-23 menyampaikan bahwa hasil dari pertandingan melawan tuan rumah Qatar jangan merusak fokus para pemain pada dua laga sisa di grup A.

Tak hanya keputusan untuk mengusir dua pemain Timnas Indonesia, diketahui wasit asal Tajikistan tersebut juga melakukan beberapa kontroversial lainnya termasuk dalam penciptaan gol pertama Qatar. 

Penalti Khalid Ali Sabah pada menit 45+1 diawali dari sang wasit yang sebetulnya tidak memberikan penalti kepada Qatar lantaran pelanggaran Rizky Ridho masih terlalu meragukan.

Namun, setelah melakukan pengecekan dengan menggunakan VAR, Kabirov memutuskan untuk menghadiahkan penalti kepada Qatar. 

Meski masih memiliki dua partai sisa, ketiadaan Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta tentu berdampak kepada perjuangan timnas Indonesia U-23 ke depannya. 

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-23 akan bersiap untuk menghadapi Australia pada Kamis (18/4), kemudian disusul pertandingan kontra Yordania pada Minggu (21/4/2024). (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral