Dikecam Umat Muslim Dunia, Charlie Hebdo Kembali Terbitkan Kartun Nabi Muhammad | tvOne

Kamis, 3 September 2020 - 11:30 WIB

KABAR DUNIA - Majalah kontroversial Perancis Charlie Hebdo kembali menerbitkan kartin nabi Muhammad. Penerbitan ini langsung memicu reaksi keras umat muslim di seluruh dunia.

Pihak redaksi Charlie Hebdo beralasan langkah penerbitan karikatur tersebut untuk melengkapi laporan khusus tentang kelompok bersenjata yang menyerang kantor Charlie Hebdo lima tahun silam. Tujuh belas orang tewas dan sejumlah lainnya terluka parah dalam kejadian tersebut.

Sebuah kios koran di Paris menyebutkan penerbitan kembali karikatur nabi Muhammad dan laporan khusus yang menyertainya menyebabkan oplah Charlie Hebdo meningkat hingga tiga kali lipat.

Penerbitan karikatur dan laporan ini bertepatan dengan berlangsungnya sidang kasus penyerangan Charlie Hebdo lima tahun lalu

Sementara itu presiden Perancis Emmanuel Macron menyatakan Perancis akan terus mengingat aksi kekerasan yang pernah terjadi di kantor Charlie Hebdo.

Macron juga menegaskan penerbitan karikatur nabi Muhammad yang dilakukan Charlie Hebdo berkaitan dengan kebebasan berpendapat dan kebebasan beragama yang dimiliki oleh Perancis

Sementara itu empat belas orang yang dituduh membantu pembantaian di kantor redaksi Charlie Hebdo dan supermarket milik Yahudi tahun 2015 mulai diadili.

Persidangan ini mendapat sorotan tajam di Perancis karena belasan orang yang diadili diduga hanya mempunyai andil kecil dalam aksi pembantaian tersebut.

Sedangkan tiga orang eksekutor diketahui tewas saat melakukan aksi mereka di dua tempat tersebut.

Atas tudingan itu kejaksaan Perancis menegaskan semua orang yang saat ini menjalani persidangan diduga kuat menyediakan senjata dan bantuan kepada tiga orang pelaku.

Pembantaian di kantor Charlie Hebdo dilakukan oleh Cherif Kouachi dan Said Kouachi pada 7 Januari 2015. Sebanyak tujuh belas orang termasuk pelaku dan kartunis Perancis tewas dalam kejadian itu.

Serangan kekerasan ke kantor Charlie Hebdo terjadi setelah tabloid tersebut menerbitkan karikatur nabi Muhammad. Sehari setelah penyerangan kantor Charlie Hebdo sahabat baik Cherif, menyerang sebuah supermarket milik Yahudi.

Selanjutnya sejumlah pejuang ISIS asal Perancis dan Belgia kembali menyerang Paris. Penyerangan ini mengakibatkan 130 orang tewas di aula konser Bataclan, stadion nasional, dan sejumlah bar serta restoran

(Lihat juga: Tak Terhindarkan, Bentrokan Polisi dan Pendemo di Minsk Pasca Pilpres Belarus)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral