KRISIS! Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di Jakarta Makin Sedikit | tvOne

Senin, 7 September 2020 - 11:44 WIB

KABAR SIANG - Lahan pemakaman khusus untuk jenazah korban COVID-19 di Jakarta semakin menipis ketersediaannya.

Di Taman Pemakaman Umum Pondok Rangon Jakarta Timur yang selama ini menyediakan lahan khusus untuk pasien corona yang meninggal kini hanya tersisa untuk 1.100 jenazah.

Diperkirakan sisa liang lahat tersebut akan habis dalam waktu dua bulan. Mengingat jumlah rata-rata jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan sekitar 27 hingga 28 jenazah setiap harinya.

DPRD DKI Jakarta akan memanggil Dinas Pertamanan dan Pemakaman Pemprov DKI Jakarta untuk mencari solusi ketersediaan lahan pemakaman jenazah COVID-19 yang semakin menipis.

Sejumlah lahan pemakaman lain di DKI Jakarta pun menunjukkan hal serupa akibat peningkatan kasus kematian pasien COVID-19 yang semakin tak terbendung. Salah satunya ada di Taman Pemakaman Umum Tegal Alur Jakarta Barat.

Menurut pantauan tvOne, di TPU Tegal Alur ini rata-rata menerima 15 hingga 20 jenazah korban corona setiap harinya.

Untuk mengantisipasi banyaknya jenazah yang datang dan jumlah tenaga pengubur yang tersedia, biasanya pada pagi hari petugas akan melakukan penggalian sekitar tujuh hingga sepuluh lubang kubur setiap harinya dengan backhoe. Hal dimaksudkan agar penguburan jenazah dapat berjalan efektif, cepat, dan protokol kesehatan yang ketat.

Ada pun hingga kini tercatat ada sekitar 2.200 jenazah yang dimakamkan dengan protokol kesehatan, baik itu jenazah yang positif maupun suspect COVID-19. Akibat hal tersebut, TPU hanya dapat menampung sekitar sepuluh jenazah lagi.

Namun demikian hingga kini petugas yang berada di lapangan belum mendapat info lebih lanjut menyangkut akan dibawa kemana jenazah suspect atau positif corona jika Tempat Pemakaman Umum Tegal Alur sudah penuh.

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, penambahan jumlah positif corona hingga Ahad (6/9) kemarin di Indonesia mencapai angka 3.444 sehingga total pasien COVID-19 menjadi 194.109 orang. Sedangkan untuk pasien yang meninggal dunia menjadi 8.025 orang dan pasien sembuh sebanyak 2.174 orang.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral