Tolak Sidang Online, Detik-detik Jerinx "Walk Out" Saat Pembacaan Dakwaan | tvOne

Kamis, 10 September 2020 - 17:36 WIB

Denpasar,- Sidang perdana terdakwa personil band ‘Superman is Dead’, Jerinx di pengadilan negeri Denpasar, Bali, diwarnai aksi walkout yang dilakukan terdakwa dan kuasa hukumnya. Meski demikian majelis hakim tetap melanjutkan persidangan dengan agenda pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum.

Kamis 10 September 2020, Pengadilan negeri denpasar tetap menggelar sidang perkara pencemaran nama baik dengan terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx, secara daring.

Sidang dengan metode teleconfrence ini menghadirkan terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya yang berada di Ditkrimsus Polda Bali. Sementara jaksa penuntut umum berada di Kejari Denpasar dan majelis hakim berada di Pengadilan Negeri Denpasar.

Di awal sidang, terdakwa Jerinx dan kuasa hukumnya menyatakan menolak sidang dilakukan secara daring. Sementara majelis hakim bersikukuh menggelar sidang secara daring sesuai arahan Mahkamah Agung dimasa pandemi covid-19.

Karena sidang tetap dilakukan, terdakwa Jerinx memutuskan walk out atau meninggalkan persidangan bersama tim kuasa hukumnya. “Terdakwa menolak dan menyatakan walkout, sehingga kami dari kuasa hukum juga menyatakan walkout,” kata kuasa hukum Jerinx, I Wayan Suardana.

Majelis hakim tetap melanjutkan persidangan dengan agenda pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum.  Dan mengagendakan sidang lanjutan pada pekan depan.

Menurut Ketua PN Denpasar, Sobandi, Penolakan untuk siding secara daring dan meminta persidangan tatap muka adalah hak terdakwa.

Ia mengatakan, selama pandemic covid-19, bagi terdakwa yang ditahan dilakukan persidangan daring atau virtual. Hal tersebut telah menjadi kesepakatan antara Mahkamah Agung, Kejagung, Menteri Hukum dan UU serta SK Dirjen Nomor 379 Tahun 2020, juga SE Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020. (ito)

 

(Lihat juga: psbb total jakarta diperkirakan ancam sektor perekonomian)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:24
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
Viral