Gagal Manuver! Tank TNI Seruduk Gerobak Gorengan, Kapendam: Masih Diselidiki | tvOne

Kamis, 10 September 2020 - 19:26 WIB

Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat – Tank milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) gagal bermanuver saat berbelok di sebuah tikungan di kawasan Rajamandala, sehingga menyeruduk gerobak gorengan dan sejumlah motor yang sedang diparkir. Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) III Siliwangi, Kolonel Infanteri FX Sri Wellyanto mengatakan pihaknya masih menyelidiki apa yang menjadi penyebab kecelakaan itu. Insiden tersebut kini ditangani oleh Polisi Militer.

Menurut Kapendam, tank atau kendaraan tempur itu sedang dipakai latihan.

“Kegiatan ranpur (kendaraan tempur) atau  tank ini dalam rangka latihan uji siap tempur yang dilaksanakan oleh Batalyon Kavaleri (Yonkav) IV, Kodam III Siliwangi. Memang tempatnya di Rajamandala kompleks sana,” ujar Wellyanto di program Kabar Petang, Kamis, 10 September 2020. Wellyanto menambahkan bahwa latihan telah berlangsung  sejak Selasa, 8 September lalu.

Akibat insiden tersebut, empat kendaraan roda dua serta satu gerobak pedagang gorengan rusak. Wellyanto mengatakan TNI AD telah menghitung kerusakan dan kerugian para korban. Setelah itu mereka langsung menyerahkan ganti ruginya.

Peristiwa tank seruduk motor dan gerobak di Rajamandala terjadi Kamis (10/9/2020) sekitar pukul 11.00 WIB. Lokasi kejadiannya di Kampung Pakemitan, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Video berdurasi 19 detik yang diabadikan warga itu viral di jagat maya.

Dalam rekaman terlihat sebuah tank keluar dari Jalan Rajamandala menuju jalan utama. Ranpur itu mulus berbelok dan meneruskan perjalanan. Kemudian di belakangnya, melaju tank kedua. Namun manuvernya tak berhasil sehingga menabrak gerobak dan motor di pinggir jalan. Untunglah tidak ada seorang pun yang terluka.

Ketika peristiwa berlangsung, jalan sedang ramai. Warga antusias menyaksikan iring-iringan kendaraan lapis baja tersebut dan mengabadikannya dengan telepon selular mereka. (act)

(Lihat juga: Libatkan Kapal Selam, Helikopter, & Tank, Prajurit Matra Laut TNI AL Surabaya Latihan Tempur)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral