Kebakaran Melanda Salah Satu Tower Apartemen Central Cakung, penyebab karena puntung rokok

Minggu, 13 September 2020 - 12:49 WIB

Jakarta,- Kebakaran melanda satu unit tempat tinggal yang berada di salah satu tower apartemen Central Timur, Jalan Raya Sentra Primer, Cakung, Jakarta Timur. Kebakaran diduga terjadi karena punting rokok.

Kebakaran terjadi di salah satu unit tempat tinggal nomor 18 yang berada di tower hijau, lantai enam, pada Minggu, 13 September 2020, sekitar pukul 05.40 WIB. Sejumlah penghuni apartemen panik berhamburan saat melihat api membesar.

Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi, langsung berupaya memadamkan api. Petugas menerjunkan 10 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Kasi Pencegahan Damkar Jakarta TImur Edi Purwoko mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran akibat punting rokok. "Dugaan sementara berdasarkan kesaksian di lokasi kejadian adalah rokok, tapi masih didalami," kata Edi.

Api membakar satu lokal hunian seluas 36 meter persegi milik Ibu Shinta. "Petugas keamanan mendengar alarm di panel control gedung oranye, setelah dicek api terlihat di Tower Hijau lantai enam," kata Edi.

Edi mengatakan kebakaran tidak sampai meluas ke bangunan lain sebab perangkat keamanan kebakaran apartemen dilaporkan berfungsi baik. "Sistem otomatis pencegahan kebakaran bekerja dengan baik. Hidran dan semprotan otomatisnya seketika bekerja saat terjadi peningkatan suhu," lanjut Edi.

Ruangan yang terbakar dihuni oleh tiga jiwa yang tergabung dalam satu kepala keluarga (KK). Seluruhnya dilaporkan selamat. "Korban nihil," tegasnya.

Edi memperkirakan kerugian materi yang dialami penghuni akibat peristiwa kebakaran itu berkisar Rp60 juta.

Pemadaman api secara total melibatkan 40 personel damkar serta sepuluh unit armada pompa pemadam api.  "Awal pemadaman pukul 05.53 WIB dan berakhir pukul 07.00 WIB," tutupnya. (ito)
 

(Lihat Juga: psbb total bukan pelarangan tapi pengetatan)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral