RS dr. Soetomo Surabaya Terbakar, Puluhan Karyawan dan Penghuni RS Panik | tvOne

Senin, 14 September 2020 - 21:07 WIB

Surabaya, Jawa Timur – Puluhan karyawan dan penghuni Rumah Sakit dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur panik ketika ruang bawah tanah di salah satu gedungnya terbakar. Kebakaran itu terjadi Senin, 14 September 2020, sore.

Kejadian itu pertama kali diketahui dari asap yang mengepul di lantai dasar di Gedung Pusat Diagnostik, RS dr. Soetomo, Jalan Mayjen Prof.Dr. Moestopo No 6-8, Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng, Surabaya.

Para pasien dan keluarganya yang ada di bangunan tersebut langsung panik. Sementara tim medis serta karyawan rumah sakit bergerak cepat mengevakuasi orang-orang yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit itu. Memindahkannya ke tempat aman di luar RS.

Petugas pemadam kebakaran dibantu aparatur keamanan gabungan juga membantu proses evakuasi pasien dan karyawan dari gedung Onkology RSUD dr. Soetomo. Sebab asap akibat kebakaran sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Petugas damkar pun langsung bekerja keras untuk memadamkan api di basement. Sumbernya berasal dari gudang penyimpanan barang  yang dipakai kontraktor pembangunan di RS dr. Soetomo. Bahan yang terbakar antara lain peralatan pendukung proyek seperti kabel, cat, dan peralatan lainnya.

Kobaran api berhasil dikendalikan petugas damkar sekitar setengah jam kemudian. Mereka mengerahkan 12 unit mobil pemadam untuk mengatasi kebakaran di rumah sakit rujukan untuk Jawa Timur itu.

Polisi menduga ada korsleting di ruang bawah tanah tersebut.

“Panel listrik di basement RS dr. Soetomo terjadi korsleting,” ujar Kepala Polsek Gubeng, Kompol  Fahlevi.

Ia kemudian menjelaskan langkah yang diambil polisi untuk mengungkap kebakaran itu, “Kami tetap mencari keterangan dari saksi-saksi yang ada dan pastikan bahwa kejadian ini merupakan memang korsleting listrik, lalu selanjutnya kami akan buat laporan.”

Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya menyebutkan menerima laporan pada pukul 14.59 WIB, mereka langsung berangkat ke RS dr. Soetomo dan tiba di lokasi empat menit kemudian. Petugas berhasil memadamkan api utama sekitar 12 menit sejak sampai di tempat kejadian perkara atau pukul 15.16 WIB. Keadaan dinyatakan aman pada pukul 15.40 WIB.

Pihak rumah sakit memastikan kejadian tersebut tidak mengganggu pelayanan di RS dr. Soetomo. Sebab yang terbakar bukanlah barang-barang yang berkaitan langsung dengan penanganan medis. (act)

(Lihat juga: KEBAKARAN MELANDA SALAH SATU TOWER APARTEMEN CENTRAL CAKUNG, PENYEBAB KARENA PUNTUNG ROKOK)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral