Sekda DKI Jakarta Meninggal Dunia, Saefullah Wafat Terpapar Covid-19 | tvOne

Rabu, 16 September 2020 - 15:52 WIB

Jakarta – Kabar duka datang dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Sekretaris Daerah Saefullah wafat akibat terpapar corona. Saefullah tutup usia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu, 16 September 2020, pukul 12.55 WIB. Ia sebelumnya sempat dirawat di RS MMC Kuningan, Jakarta Selatan sejak tanggal 8 September 2020. Almarhum meninggalkan seorang istri serta empat orang anak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku merasa sangat kehilangan salah satu pemimpin terbaik. Ketika menyampaikan pidato perpisahan, Anies menceritakan sosok Saefullah.

“Bapak Saefullah adalah pribadi baik, pekerja keras, orang yang selalu mengutamakan untuk menyelesaikan semua tugas yang diembankan kepadanya. Siang hari ini saya bersama Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Bapak Wakil Ketua, Bapak Wakil Gubernur, dan seluruh jajaran keluarga besar Pemprov merasakan kehilangan yang amat mendalam,” tuturnya di halaman Balai Kota.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menceritakan komunikasinya dengan Saefullah ketika Almarhum mulai merasa sakit.

“Hari Senin minggu yang lalu di tengah sidang paripurna DPRD, Bapak Saefullah mengirimkan sebuah teks, ‘Pak Gub saya mohon izin pamit karena kurang enak badan,’. Hari selasa dalam sebuah rapat saya sampaikan, dalam pengalaman saya bekerja bersama Pak Sekda, tidak pernah beliau pamit izin pamit karena sakit. Hari itu beliau pamit, kemudian beberapa hari kemudian mengalami perawatan, hingga akhirnya Allah Yang Maha Pengasih, Allah Yang Maha Penyayang, memanggilnya pulang pada pukul 12.55 tadi siang,” imbuhnya.

Anies mengaku tidak pernah menduga bakal menghadapi kehilangan seperti ini akibat pandemi.

“Selama enam bulan lebih kita bergumul berhadapan dengan Covid. Dan Pak Sekda adalah salah satu yang setiap hari, setiap waktu, bekerja siang malam bersama kita semua untuk memerangi wabah Covid ini, untuk melindungi keselamatan warga Jakarta. Tanpa kita pernah menduga, tanpa pernah kita membayangkan, Allah yarham, terpapar dan kemudian Yang Maha Kuasa memanggilnya pulang. Kita semua doakan dan kita semua percaya bahwa Pak Sekda sebagai pribadi yang amat dekat dengan kita semua insya Allah husnul khotimah,” ujarnya lagi.

Jenazah Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah dilewatkan ke Balai Kota Jakarta untuk diberikan penghormatan terakhir. Iring-iringan yang membawa jasad Almarhum tiba sekitar pukul 15.00 WIB di Balai Kota.

Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti menyebutkan bahwa Saefullah wafat  akibat kerusakan jaringan paru-paru, efek dari infeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Almarhum meninggal karena shock sepsis irreversible dengan ARDS bagi pasien terkonfirmasi Covid-19.

"Siang ini, Bapak Sekda kita, Bapak Saefullah, telah berpulang. Bapak Saefullah meninggal karena shock sepsis irreversible dengan ARDS, yaitu kerusakan pada jaringan paru akibat infeksi COVID-19, sehingga menyebabkan gagal napas yang tidak dapat diperbaiki," kata Widyastuti dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal ini, lanjut Widyastuti, dikarenakan tidak bisa terjadi pertukaran oksigen yang memadai di dalam tubuh almarhun.

Saefullah telah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta sejak 17 Juli 2014. Sebelumnya, Almarhum menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat pada tahun 2010-2014. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral