Alhamdulillah, Arab Saudi Buka Kembali Ibadah Umrah Berkapasitas 30% | tvOne

Rabu, 23 September 2020 - 12:12 WIB

Arab Saudi,- Pemerintah Arab Saudi membuka kembali ibadah umroh secara bertahap mulai tanggal empat oktober atau 16 safar mendatang. Sebelumnya, layanan ibadah umroh ditutup sementara sejak Maret lalu akibat pandemi covid-19.

Menurut sumber di kementerian dalam negeri Arab Aaudi yang dikutip saudi press agency dan media massa "saudi gazette", izin tersebut dikeluarkan langsung oleh raja arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz as-sa'ud.

Pada tahap pertama, empat oktober mendatang, warga negara arab saudi dan ekspatriat yang tinggal di kerajaan Saudi, diizinkan umroh dalam jumlah paling banyak 30 persen. Atau paling banyak 6.000 jamaah umroh per hari.

Pada tahap kedua, mulai 18 oktober mendatang,  warga negara saudi dan ekspatriat di sana dapat melakukan umroh, mengunjungi roudoh di masjid Nabawi Madinah, serta sholat di dua masjid suci.
Pada fase kedua tersebut jumlah jamaah yang diizinkan maksimal 75 persen, atau sebanyak maksimal 15-ribu orang jamaah per hari.

Tahap ketiga adalah pada satu november mendatang, dengan kapasitas penuh yaitu hingga 20.000 jamaah umroh. Serta memungkinkan ekspatriat dari luar kerajaan saudi dengan mematuhi protokol kesehatan.

Selain umrah, Pemerintah Saudi sebelumnya juga membatasi layanan ibadah haji, yang biasanya dapat mengumpulkan sekitar tiga juta orang dari seluruh dunia, menjadi hanya untuk beberapa ribu jamaah dalam negeri saja.

Data resmi menunjukkan bahwa layanan haji dan umrah mendatangkan pendapatan bagi Arab Saudi hingga sebesar 12 miliar dolar AS atau setara Rp177 triliun per tahun.

Sementara itu, jumlah infeksi COVID-19 yang dikonfirmasi Arab Saudi hingga 22 September 2020 adalah sebanyak 330,798 kasus, bertambah sekitar 500 kasus baru dari hari sebelumnya, dengan total kematian 4.542 kasus.

Sementara itu, Kementerian Agama RI masih menunggu pengumuman resmi dari Kerajaan Arab Saudi perihal daftar negara yang mendapat izin untuk memberangkatkan jamaah umrah. Pihak Kemenag RI berharap Indonesia termasuk yang mendapat izin memberangkatkan jamaah umrah. (ito)
 

(Lihat Juga: berkas bap kasus syekh ali jaber diteliti kejari bandar lampung)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:06
01:36
01:46
05:13
01:51
04:09
Viral