Lebih Dari 100 Rumah di Bogor Rusak Akibat Diterjang Angin Puting Beliung | tvOne

Kamis, 24 September 2020 - 17:00 WIB

Bogor - Ratusan rumah warga rusak akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Rabu 23 September 2020 sore. Ratusan rumah ini mengalami kerusakan berat dan ringan, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Sejumlah warga kini mulai merapikan sisa bangunan dan pohon yang roboh akibat terjangan angin puting beliung ini. Warga pun mengaharapkan bantuan dari pemerintah setempat berupa material untuk perbaikan rumah yang rusak.

Bencana angin puting beliung disertai hujan deras dan butiran es itu terjadi sekitar pukul 17.20 WIB. Wilayah yang diterjang puting beliung tersebar di empat RW di Desa Petir, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Camat Dramaga Ivan Pramudia menyebutkan, sekitar 100 rumah warga di Desa Purwasari dan Desa Petir rusak ringan hingga berat akibat disabut angin puting beliung. Selain Banguanan, sejumlah pohon tumbang diterpa angin kencang.

"Sebagian besar kerusakan pada bagaian atap rumah. Para korban bencana sudah dievakuasi ke tempat aman," ujar Ivan.

BPBD dan personel dari TNI-Polri serta masyarakat tengah berupaya melakukan pembersihan puing-puing rumah yang diterjang angin puting beliung. BPBD juga terus melakukan upaya pendataan serta mengevakuasi masyarakat yang rumahnya rusak ke tempat lebih aman.

"Untuk jumlahnya banyak. Tim masih melakukan pendataan berkoordinasi dengan pihak desa maupun relawan," ujar Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Adam Hamdani.

Selain merusak bangunan, angin puting beliung juga menumbangkan pohon sehingga aliran listrik pun terputus. Menurut Adam, bencana alam ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.(adk)

 

(Lihat Juga: Detik-detik Angin Puting Beliung Terjang Sebuah SPBU dan Sejumlah Rumah Warga)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral