Kiat Kampanye Kandidat Raih Dukungan di Pilkada Serentak 2020 | tvOne

Selasa, 29 September 2020 - 19:29 WIB

Tangerang Selatan, - Tiga pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan yang bertarung dalam Pilkada Serentak Desember mendatang mulai kampanye. Mereka menggelar kampanye tatap terbuka terbatas yang dilakukan di daerah Serpong Utara dan Pamulang, Tangsel, Selasa 29 September 2020.

Kampanye tatap muka terbatas ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para paslon mendatangi langsung pemukiman warga untuk sosialisasi program. Hanya pasangan Muhamad dan Rahayu Saraswati yang diwakili juru kampanye partai koalisi pendukung karena berhalangan hadir.

Salah satu calon bahkan sempat menghentikan kampanye karena mengetahui warga yang hadir membawa anak kecil. Setelah meminta warga mengeluarkan anak kecil dari lokasi kampanye, acara pun dilanjutkan kembali.

Tahapan Pilkada Kota Tangsel memasuki babak kampanye sejak 26 September hingga 5 Desember 2020. Pada tahapan ini setiap pasangan calon diperbolehkan melakukan kampanye tatap muka terbatas. Sesuai dengan PKPU Nomor 13 Tahun 2020, peserta kampanye hanya diperbolehkan berjumlah 50 orang.

Sementara itu, calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melakukan blusukan online menyapa warga melalui "live streaming facebook" pada tahapan kampanye Pilkada 2020. Cara kreatif putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut diambil agar tetap berkampanye tanpa melanggar ketentuan dari Bawaslu dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Gibran, blusukan online tersebut sama dengan yang dilakukan sebelumnya. Saat itu, Gibran blusukan online di di Kampung Dawung Kecamatan Serengan Solo. Dia menyapa warga Kampung Dawung dan mencatat beberapa keluhan atau aspirasi masyarakat, serta memberi masukan-masukan saat berdialog dari satu rumah ke rumah lainnya.

Melalui blusukan online tersebut interaksi dengan warga bisa berjalan dengan baik tanpa khawatir terinfeksi virus Corona. Gibran mengatakan dirinya akan menambah alat "virtual box campaign". Sehingga dalam satu hari bisa menyapa warga di beberapa lokasi dalam kegiatan blusukan online tersebut. Gibran berharap selama masa kampanye di tengah pandemi COVID-19, warga Solo tetap sehat.(TOZ)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral