Terungkap! Ini Motif Pelaku Vandalisme di Rumah Ibadah di Tangerang | tvOne

Rabu, 30 September 2020 - 13:22 WIB

Kabupaten Tangerang, Banten – Polisi berhasil menangkap S, pemuda yang melakukan aksi vandalisme di sebuah rumah ibadah di Perumahan Vila Tangerang Elok, Kabupaten Tangerang, Banten, hanya sekitar empat jam setelah petugas mendapat laporan. Dari hasil interogasi sementara, terungkap motif S mencorat-coret Musholla Darussalam.

Pemuda berusia 18 tahun itu merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Kepada penyidik, S mengaku melakukan vandalisme karena memiliki pemahaman bahwa yang dia lakukan adalah sesuatu yang benar.

“Sekira jam 19.30 pelaku berhasil kami amankan,” kata Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi.

Penangkapan S di rumahnya yang berjarak sekitar 50 meter dari tempat kejadian perkara merupakan hasil olah tkp polisi, interogasi saksi, dan pemeriksaan barang bukti.

“Berdasarkan keterangan saksi-saksi, barang bukti yang kita amankan, maka S ini adalah orang yang diduga melakukan perbuatan vandalisme. Dia merusak beberap benda didalam mushola kemudian mencoret mushola,” ujar Ade.

Hingga Rabu, 30 September 2020, siang, S masih menjalani pemeriksaan. 

“Motifnya adalah bahwa apa yang dia kerjakan kemarin ini sebagai sesuatu yang benar oleh pelaku. Itulah pemahaman yang dia yakini. Ini masih kita dalami. Sementara pelaku masih sendiri belum ditemukan ada yang menyuruh. Fakta di tkp dan hasil penyelidikan sementara masih dilakukan sendiri,” ungkap Kapolresta.

Ketua DKM Mushola Darussalam, Saifuddin Anggoh menceritakan sosok S. Menurutnya pemuda itu sering terlihat berinteraksi dengan warga lain. Namun semenjak Iduladha, S mulai jarang beraktivitas. Saifuddin juga mengungkapkan bahwa S berasal dari keluarga baik-baik.

“Saya harapkan ini tidak jadi masalah atau ganjalan di kita baik secara personal maupun politik, jadi saya mengimbau seluruh umat Islam di Indonesia ini, mari kita bersatu padu untuk menegakkan kalimat Allah dan tentunya kita saling toleransi satu dengan yang lain dalam rangka menjaga Indonesia yang kita cintai ini,” tuturnya.

Sementara itu warga bergotong royong membersihkan mushola dan mengecat tempat ibadah itu. Untuk sementara mushola masih ditutup karena masih dalam proses penyelidikan polisi. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral