Berhasil Menyelinap Masuk, Ular Sanca Kembang Patuk Seorang Santri | tvOne

Jumat, 9 Oktober 2020 - 06:24 WIB

Ponorogo, Jawa Timur – Ular sanca kembang berhasil menyelinap masuk ke Pondok Pesantren Nurul Qur’an di Kelurahan Pakunden, Ponorogo, Jawa Timur dan mematuk seorang santri hingga terluka. Ansor, santri tersebut bercerita bahwa ia mencoba menangkap reptilia itu karena telah memangsa hewan peliharaan santri.  

"Ular ini sering muncul dan meresahkan santri. Sebelumnya sudah pernah kepergok santri saat ular makan ayam tapi tidak berani menangkap," tutur Ansor.

Binatang melata tersebut kemudian berkeliaran di pinggir sungai. Ular akhirnya berhasil diambil saat berada tepat di bawah bangunan semi permanen milik santri yang berada di tepi sungai.

Proses penangkapannya direkam dengan kamera ponsel. Tetapi ular melawan. Binatang yang panjangnya 2,5 meter itu melilit tangan Ansor dan menggitnya.

Khawatir mengancam keselamatan para santri, pengurus pondok pesantren (ponpes) meminta bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ponorogo untuk memindahkan ular.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono mengatakan timnya langsung menuju lokasi untuk mengamankan hewan tersebut, “Ada ayam yang di belakang itu kan ramai sekali. Kemungkinan ular ini lapar mau makan ayam. Kemudian diamankan. Nah dari pengurus pondok ini kan takut nanti kalau ular ini lepas, secara automatis karena di sini banyak murid-murid pondok sekitar 600 orang, ini yang dikhawatirkan pengurus pondok pesantren.”

Walau sudah berhasil menangkap satu ular, para santri tetap siaga. Sebab saat ini masih ada dua ekor yang belum tertangkap. BPBD Ponorogo mengimbau para santri dan pengurus ponpes untuk segera elapor bila melihat ular muncul, dan menyerahkan kepada mereka untuk menangkapnya. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:03
01:46
07:04
05:04
05:40
05:59
Viral