Ratusan Rumah di Ciganjur Jaksel Terendam Banjir | tvOne

Minggu, 11 Oktober 2020 - 08:55 WIB

Jakarta, Klik Disini - Ratusan rumah warga di Jalan Damai, Kelurahan Cinganjur, Jakarta Selatan (Jaksel) , terendam banjir dengan ketinggian mulai dari 60 cm hingga dari 100 centimeter, pada Sabtu malam (10 Oktober 2020). Air di saluran penghubung Kali Setu Ciganjur meluap, sehingga menyebabkan banjir dan longsor di Jalan Damai.

Banjir dan longsor ini memakan korban jiwa satu orang warga. Selain itu dua warga juga terluka. Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Selatan menyebutkan, ada tiga warga yang terseret arus banjir dan longsor. "Dua orang korban perempuan dibawa dibawa ke Rumah Sakit Sibron, satu orang dibawa ke Rumah Sakit Marinir meninggal dunia, jenis kelamin perempuan usia kurang lebih 45 tahun," kata petugas Suku Dinas Damkar Jakarta Selatan Ruwanto.

Sementara itu Camat Jagakarsa H Alamsah menyebutkan, banjir bersumber dari luapan anak Kali Setu akibat curah hujan yang tinggi serta kiriman air dari wilayah Depok. "Hujan cukup deras, selain itu di Depok juga hujan, Kali Baru ini alirannya di Depok," kata Alamsyah.

Ia mengatakan luapan anak Kali Baru dikarenakan tebok pembatas kali di kawasan Melati Residen jebol sehingga air meluber masuk ke pemukiman warga di RT 04/RW 02. "Sejumlah rumah warga yang berada di pinggir kali juga rusak," kata Alamsyah.

Menurut Alamsyah, korban meninggal akibat tertimpa bangunan rumahnya yang rusak diterjang air luapan anak Kali Setu. ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga lokasi penampungan bagi warga yang mengungsi, namun sebagian besar warga memilih bertahan di lantai dua rumahnya. "Dinas Sosial DKI sudah mendirikan tenda di lokasi untuk warga mengungsi, yang kita butuhkan bantuan makanan," kata Alamsyah. (ari)

 (Lihat juga Tim Pencari Fakta  Kasus Intan Jaya Papua Ditembak Kelompok Bersenjata)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral