Buronan Terpidana Mati Cai Changpan Ditemukan Tewas Gantung Diri | tvOne

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 17:04 WIB

Terpidana mati Cai Changpan yang kabur dari tahanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, ditemukan tewas di dalam hutan kawasan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu 17 Oktober 2020. Polisi menduga pria berkewarganegaraan China itu tewas gantung diri.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menjelaskan Cai Changpan ditemukan tewas sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu tim gabungan yang melakukan pencarian hendak menggerebek sebuah tempat pembakaran ban di Desa Koleang, Jasinga. "Kita temukan yang bersangkutan dalam keadaan bunuh diri," ujar Yusri Yunus.

Tim yang bergerak memburu Cai Changpan merupakan tim gabungan dari Polda Metro Jaya dan Kepolisian Resor Metro Tangerang Kota. Pihak kepolisian mendapatkan informasi terkait keberadaan Changpan dari kepala desa setempat. "Info dari satpam [Cai Changpan] sering bermalam di situ, enggak setiap hari," ujar Yusri. Satpam tersebut juga sempat diancam oleh Changpan untuk tidak melapor ke siapa pun.

Berdasarkan keterangan inilah, tim gabungan melakukan penggerebekan di lokasi pembakaran ban bekas tersebut. Namun, saat digerebek, Cai Changpan ditemukan sudah dalam kondisi tewas. Jenazah Cai Changpan kemudian dibawa ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk diautopsi.

Cai Changpan melarikan diri dari Lapas Kelas I Tangerang, Banten pada 14 September 2020. Terpidana mati kasus narkoba asal China ini kabur setelah menggali lubang sejauh 30 meter. Dia kabur dibantu dua oknum petugas Lapas Tangerang yang menyediakan alat penyedot air. Kedua oknum tersebut telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus pelarian Cai Changpan.

Dalam pelariannya, Cai Changpan sempat menemui istrinya di daerah Tenjo, Kabupaten Bogor. Gembong narkoba ini dia kemudian bersembunyi di dalam Hutan Tenjo, Kabupaten Bogor.

Pelarian ini bukan yang pertama bagi Cai Changpan. Tercatat, pada 24 Januari 2017, pemilik 135 kilogram sabu tersebut juga kabur dari Rumah Tahanan Bareskrim Mabes Polri.(TOZ)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral