NGERI!!! Pendaki Ini Saksikan Gunung Kerinci Saat Erupsi dari Jarak Dekat | tvOne

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 18:58 WIB

Kerinci, Gunung Api Kerinci yang terletak di Desa Kersik Tuo Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi, mengalami erupsi pada Sabtu, 17 Oktober 2020. Tinggi kolom abu teramati  mencapai 800 meter dari bibir kawah mengarah ke timur laut.

Berdasarkan catatan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Kerinci, erupsi terjadi pada pukul 04.30 WIB. Letusan diperkirakan terjadi selama lebih kurang 60 menit. Gunung Api Kerinci juga mengeluarkan asap tebal dan mengalami gempa embusan dan tremor terus-menerus.

Data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyebutkan bahwa Gunung Api Kerinci berstatus waspada atau level dua. Masyarakat di sekitar Gunung Api Kerinci dan pengunjung direkomendasikan tidak mendekati kawah yang ada di puncak dalam radius tiga kilometer.

Jalur penerbangan pun dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Letusan Gunung Api Kerinci juga terekam dalam video rekaman salah seorang pemandu wisatawan. Saat erupsi, ada empat orang pendaki asal Jakarta dan Bandung yang berada di puncak gunung. Terlihat asap hitam tebal keluar dari kawah dan bau belerang menyengat. Para pendaki panik dan berusaha menyelamatkan diri dan segera meninggalkan lokasi.

Namun berbeda dengan warga dan masyarakat sekitar Gunung Api Kerinci. Mereka bahkan tak menghiraukan erupsi yang terjadi dan tetap beraktivitas seperti biasa. Salah seorang warga menyebutkan erupsi biasa dilihat dan dirasakan sehingga tak merasa tak terganggu.(TOZ)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral