Pemprov DKI Siapkan Skenario Hadapi Banjir | tvOne

Minggu, 18 Oktober 2020 - 13:26 WIB

Jakarta, Klik Disini - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi banjir seiring telah datangnya musim hujan, salah satunya adalah program Gerebek Lumpur di sejumlah Kali  di ibu kota. Pemprov DKI mengerahkan 350 personel gabungan dari Suku Dinas Sumber Daya Air dan UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup untuk membersihkan lumpur di Kali Sentiong, Minggu (18 Oktober 2020. Kegiatan ini dipantau langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Menurut Riza, ia memantau perkembangan pengerukan tersebut agar berjalan sesuai rencana pengendalian banjir di Jakarta. Ia mengatakan dalam pengendalian banjir di Ibu Kota, ada beberapa hal yang perlu diantisipasi beberapa waktu ke depan, yakni anomali cuaca, perubahan iklim dan La Nina yang diperkirakan terjadi pada Desember mendatang. "Jadi, di akhir tahun ini dan awal tahun 2020 nanti bisa dipastikan akan terjadi peningkatan debit air, jadi memang perlu upaya-upaya yang ekstra," katanya.

Ia mengatakan, Pemprov DKI mengalokasikan sekitar Rp5 triliun untuk biaya pencegahan banjir selama dua tahun. Kondisi pandemi virus Corona saat ini membuat pencegahan banjir semakin berat, karena Pemprov DKI tengah fokus menangani Covid-19. Namun menurutnya, pihaknya tetap melakukan berbagai upaya mengatasi masalah banjir.

Wagub dki jakarta mengimbau warga untuk bahu membahu tanggap banjir dengan memantau kawasan hulu. Apabila volume air berpotensi banjir, agar ada respon cepat yang terukur. Riza juga meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan rajin membersihkan lingkungan dan selokan air. Selain itu Riza mengimbau masyarakat untuk membuat sumur resepan, agar air hujan cepat menyerap ke dalam tanah. (ari)

(Lihat juga 528 Warga Tulungagung Tak Pakai Masker Terjaring Operasi Yustisi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral