Buaya Raksasa Sepanjang Lebih Dari Lima Meter Masuk ke Dalam Desa di bangka Tengah | tvOne

Kamis, 29 Oktober 2020 - 08:56 WIB

Bangka Tengah, Bangka Belitung – Seekor buaya raksasa sepanjang lebih dari lima meter ditangkap warga Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung karena memasuki permukiman penduduk di Desa Pangkal Raya. Buaya ganas tersebut ditangkap karena sering muncul dekat rumah warga dan mengancam aktivitas para nelayan.

Video amatir menunjukkan upaya penangkapan buaya yang dilakukan oleh lebih dari 20 pria. Mereka berusaha keras melumpuhkan reptilia ini karena telah membuat warga dicekam ketakutan. Apalagi buaya sering muncul di permukaan sungai yang mengalir dekat permukiman warga. Binatang ini juga kerap merusak jaring nelayan yang mencari ikan di sungai.

Proses penangkapan buaya ini membuah heboh penduduk setempat dan menjadi tontonan. Diperlukan cara khusus untuk menangkap hewan buas ini. Warga memancingnya dengan umpan bangkai seekor bebek. Setelah sekian lama menunggu, akhirnya buaya raksasa ini bisa tertangkap.

Informasi penangkapan buaya membuat petugas gabungan mendatangi lokasi. Namun saat tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Resor Bangka dan relawan Pelestari Satwa Alobi Foundation tiba di permukiman warga, hewan tersebut sudah dalam keadaan mati.’

“Ditemukan buaya sepanjang 5,2 meter dan berbobot 700 kilogram. Kami ke sana itu langsung ke lokasi ternyata buaya tersebut sudah mati, setelah itu dikuburkan,” ujar Bilton Simanjuntak yang merupakan petugas BKSDA Bangka Belitung.

Besarnya ukuran buaya membuat lubang untuk kuburnya harus digali dengan alat berat eskavator.

Petugas BKSDA mengungkapkan, buaya sering muncul sekitar akhir tahun karena sedang memasuki musim kawin. Karena itulah warga maupun wisatawan diimbau untuk menjauhi perairan yang menjadi habitat reptilia tersebut. Petugas juga  meminta masyarakat untuk t idak menangkap buaya dengan kail dan umpan karena bisa berakibat fatal. (act)

(Lihat juga: TERUNGKAP! MISTERI JASAD WANITA DIBUANG DI PENANGKARAN BUAYA)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral