Viral! Warga Usir Buaya yang Berjemur di Sungai Cisadane | tvOne

Kamis, 5 November 2020 - 14:11 WIB

Tangerang, Banten – Masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Cisadane, Kota Tangerang, Banten resah dengan adanya informasi mengenai adanya  43 buaya dari sebuah penangkaran di Bogor yang lepas di sungai tersebut. Keresahan mereka bertambah dengan adanya video warga mengusir buaya di pinggir sungai yang viral di media sosial.

Untuk meredam kekhawatiran masyarakat, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang meningkatkan patroli dengan menyusuri aliran Sungai Cisadane di wilayahnya. Penyisiran dilakukan pagi dan sore hari.

Selain wilayah perairan, petugas juga menyusuri sepanjang bantaran Sungai Cisadane yang dekat dengan permukiman penduduk.

“Kemarin ada berita 43 buaya lepas di Sungai Cisadane. Kami akhirnya meningkatkan dari operasi rutin yang kami lakukan. Kami melakukan patroli mulai dari kemarin sampai dengan hari ini,” tutur Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koswara.

Deni mengimbau warga untuk tetap waspada tetapi tidak panik karena informasi lepasnya 43 buaya belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Kami juga berkoordinasi dengan teman-teman di BPBD Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, kemudian juga Kabupaten Bogor, dan Ketua Tagana Kota Tangerang, dan dapat dipastikan informasi dari beliau bahwa berita ini sampai hari ini kebenarannya perlu dipertanyakan,” tambahnya.

Informasi mengenai 43 buaya lepas beredar melalui pesan berantai. Kabar itu tersebar melalui aplikasi WhatsApp berbentuk foto tangkapan layar dengan nama Pos Bogor. Isi pesannya sebagai berikut:

“Assalamu’alaikum wr wb,

Himbauan kepada warga sekitar bantaran sungai Cisadane,untuk tidak beraktifitas di sekitaran bantaran kali Cisadane,untuk yang mempunyai anak tolong di jaga jangan sampai berenang di sungai,di karenakan sekira nya 43 ekor buaya lepas di aliran sungai Cisadane,sudah sampai Serpong Cisadane !!! Sekian himbauan ini saya berikan..” (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
03:27
Viral