LUDES! Ratusan Kios Di Pasar Waleri, Kendal Terbakar

Jumat, 13 November 2020 - 09:44 WIB

Kendal, Jawa Tengah – Ratusan kios pedagang di Pasar Waleri, Kendal, Jawa Tengah, ludes terbakar, Kamis malam, 12 November 2020. Kebakaran yang melanda pasar tradisional ini diduga terjadi akibat korsleting listrik.

Menurut sejumlah saksi, api pertama kali terlihat di lantai dua sekitar pukul 21.00 WIB. Si jago merah dengan cepat membesar dan menjalar ke seluruh lantai. Ini diduga karena angin kencang serta banyaknya barang dagangan yang terbuat dari bahan mudah terbakar.

“Api terlihat berada di sisi timur, lantai atas, lantai dua. Kemudian pemadam datang memadamkan dari lantai dua dulu. Api semakin besar sampai atapnya roboh,” ujar warga melihat awal kebakaran, Nur Khafid.

Ketika kebakaran terjadi, banyak pedagang panik berusaha menyelamatkan barang dagangannya. Tetapi mereka kalah cepat dengan api yang terus membesar. Akibatnya hampir seluruh dagangan pemilik kios tak bisa diselamatkan.

Hingga Jumat dini hari, petugas pemadam kebakaran masih berjibaku untuk memadamkan api yang membakar pasar berusia lebih dari 25 tahun ini. Mereka mengerahkan belasan unit mobil damkar dari sektor Kendal, Boja, dan Weleri. Namun upaya pemadaman terkendala dengan sumber air serta sulitnya menjangkau titik api di tengah lantai dua.

Kesulitan mereka bertambah dengan banyaknya warga yang berkerumun untuk melihat peristiwa kebakaran ini.

Kehadiran pedagang yang berlarian mencoba menyelamatkan barang dagangannya juga membuat suasana semakin riuh.

Api yang membakar Pasar Weleri belum padam hingga menjelang pukul 02.00 WIB.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran dari Kota Semarang dan Kabupaten Batang juga didatangkan untuk mengatasi kebakaran hebat ini. Petugas kesulitan mengakses air karena hidran di pasar tidak berfungsi.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kendal, Toni Ari Wibowo mengatakan petugas kesulitan mengambil air karena hidran yang ada di tempat kejadian perkara sangat kecil sehingga t ekanan airnya tidak kuat. Mobil pemadam kebakaran terpaksa mengambil air dari sungat terdekat.

Api baru mulai bisa dijinakkan menjelang pagi hari. Namun hampir seluruh kios di Pasar ini sudah habis terbakar. (act)

(Lihat juga: EMPAT RUKO LUDES TERBAKAR DI SIDOARJO, API BERASAL DARI GUDANG TOKO ELEKTRONIK)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral