Pfizer Dan Biontech Dapatkan Izin Darurat Vaksin Dari Inggris | tvOne

Kamis, 3 Desember 2020 - 11:40 WIB

Tuttlingen, Jerman - Perusahaan farmasi Pfizer dan Biontech mengklaim telah mendapat ijin penggunaan darurat vaksin covid-19 dari pemerintah Inggris. Vaksin ini menjadi penangkal virus corona pertama di dunia yang mendapat ijin untuk disuntikkan ke manusia.

Perusahaan farmasi Pfizer dan Biontech mengatakan telah mendapat ijin penggunaan darurat vaksin corona mereka dari pemerintah Inggris. Ijin ini menjadikan Inggris sebagai salah satu negara pertama yang mulai melakukan vaksinasi covid-19 kepada masyarakat.

Departemen layanan kesehatan dan sosial Inggris menyatakan vaksin tersebut akan tersedia di Inggris mulai pekan depan. Beberapa negara lain juga akan segera menyusul. Amerika Serikat dan Uni Eropa juga telah melakukan penilaian kelayakan penggunaan darurat vaksin Pfizer dan Biontech.

Sementara itu, Pfizer menyatakan akan segera mengirimkan vaksin secara terbatas ke Inggris. Otoritas Inggris telah memesan vaksin Pfizer untuk 20 juta orang. Namun masih belum jelas jumlah yang akan tiba pada akhir tahun ini.

Selain itu, Pfizer juga siap memasok vaksin serupa di Amerika Serikat jika sudah mendapatkan ijin dari badan pengawas obat dan makanan amerika serikat (FDA).

Reaksi Warga Inggris

Menyikapi penggunaan vaksin Pfizer dan Biontech, warga Inggris menyambut baik keputusan pemerintahnya yang mengizinkan penggunaan darurat vaksin covid-19. Mereka berharap vaksin ini dapat mengembalikan aktivitas masyarakat seperti sedia kala, seperti sebelum adanya pandemi covid-19.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan vaksinasi covid-19 bukan hal wajib, karena masih terdapat  warga inggris yang meragukan dan menolaknya. Tetapi Boris sangat menyarankan agar warga Inggris mau melakukan vaksinasi itu.

Inggris mengumumkan telah mengeluarkan izin darurat penggunaan vaksin covid 19 milik perusahaan farmasi Pfizer dan Biontech. Selanjutnya proses vaksinasi akan dimulai pada bulan Desember ini.

"Sungguh luar biasa bahwa MHRA telah secara resmi mengesahkan vaksin Pfizer BioNTech untuk Covid-19. Vaksin akan mulai tersedia di Inggris mulai minggu depan," kata Boris di Twitter.

"Perlindungan dari vaksinlah yang pada akhirnya akan memungkinkan kita untuk mendapatkan kembali hidup kita dan membuat ekonomi bergerak lagi," lanjut Boris. (ito)

(Lihat Juga: China bersiap bagikan vaksin covid-19 secara global)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral