Bangga! Kerajinan Noken Khas Papua Hiasi Google Doodle Hari Ini | tvOne Minute

Jumat, 4 Desember 2020 - 15:11 WIB

Jakarta - Halaman muka Google Indonesia tampilkan potret khas Indonesia, dalam Ilustrasi Google Doodle (4/12). Kali ini, ilustrasi yang dipilih ialah Noken Papua.

 

Noken, kerajinan tangan bentuk tas tradisional Papua ini diilustrasikan oleh Danu Fitra. Noken dianggap mempunyai nilai budaya dan sosial ekonomi yang besar. Beberapa tahun terakhir, warisan khas Papua ini dianggap terancam. Tas tradisional khas Papua ini telah didaftarkan ke UNESCO dan masuk kedalam kategori Daftar Warisan Budaya Tak Benda yang perlu dijaga mendesak. 

 

Noken Papua biasanya digunakan masyarakat untuk mengisi, menyimpan dan membawa berbagai barang. Noken Papua terbuat dari berbagai bahan, diantaranya, serat pohon, kulit kayu, daun pandan dan rumput rawa.

 

Berdasarkan laman resmi Kemendikbud, ada beberapa jenis pohon yang digunakan sebagai bahan baku, yaitu serat Pohon Yonggoli dan Pohon Huisa. Meski sekilas tampak sama dengan tas pada umumnya, namun Noken Papua memiliki ciri khas yaitu tidak menempatkan tas pada bahu tetapi dibawa dengan kepala.

 

Sementara itu, dari segi nilai filosofisnya, Noken Papua dibuat secara khusus oleh wanita Papua. Biasanya para ibu mengajarkan anak perempuannya untuk membuat Noken sampai mereka bisa membuatnya sendiri.

 

Menurut kepercayaan, jika perempuan Papua tidak bisa membuat Noken dari hasil tangannya sendiri maka tidak diperbolehkan untuk menikah. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, aturan tersebut sudah mulai hilang. (adh)

 

Lihat juga: Benny Wenda Deklarasi Kemerdekaan, Mahfud MD: Ini Termasuk Makar

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral