Diduga Akibat hilang Kendali, Sebuah Bus Pariwisata di Tasikmalaya Masuk Jurang | tvOne

Selasa, 15 Desember 2020 - 11:57 WIB

Tasikmalaya, Jawa Barat – Sebuah bus pariwisata yang mengangkut puluhan penumpang nyaris terperosok ke jurang sedalam 50 meter. Kecelakaan itu diduga akibat sopir kehilangan kendali.

Satu unit bus pariwisata yang membawa rombongan karyawan café tujuan Bandung – Pangandaran ini nyaris masuk ke jurang di Jalan Raya Lingkar Gentong, Kampung Lengkob, Desa Cibahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Selasa dini hari 15 Desember 2020. Beruntung separuh badan bus tertahan akar pohon bambu sehingga angkutan massal ini tidak membentur dasar jurang.

Kepala Unit Lalu Lintas (Kanit Lantas) Polsek Kadipaten, Polresta Tasikmalaya, Inspektur Satu (IPTU) Edi Suprayitno mengatakan kecelakaan tunggal tersebut terjadi akibat sopir bus kehilangan kendali. Sebab saat kejadian, kondisi aspal di jalan turunan curam ini licin akibat gerimis.

“Kejadiannya sekitar pukul 04.30 WIB pagi tadi. Kalau sampai tak tertahan rumpun bambu, bus bisa terjun sampai ke dasar jurang yang kedalamannya mencapai 50 meter,” ujar Edi.

Seluruh penumpang dan awak bus selamat. Polisi dan warga sekitar berhasil mengevakuasi 29 orang, termasuk di antaranya dua balita, ke tempat aman. Tetapi dua karyawan café sempat mengalami syok.

Sopir bus lantas menghubungi perusahaannya untuk mengirimkan angkutan baru agar bisa membawa semua penumpang. Setelah bus baru datang, mereka kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pangandaran.

Sementara evakuasi bus berlangsung hingga Selasa pagi. Petugas mengerahkan tiga unit mobil derek untuk menarik bus karena medan yang cukup curam.

Selama proses ini berlangsung, arus lalu lintas sempat terganggu. Polisi bekerja sama dengan dinas perhubungan setempat untuk mengurai pengguna jalan dan bersiaga di lokasi kejadian. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral