Aksi Penjambretan Pengendara Skuter Listrik Viral di Medsos | tvOne

Kamis, 17 Desember 2020 - 09:20 WIB

Jakarta – Sebuah video yang merekam detik-detik ketika seorang pengendara motor gagal menjambret telepon genggam seorang pengguna e-scooter atau skuter listrik, viral di media sosial (medsos). Karena upaya penjambretan handphone itu terekam action cam dan disebarluaskan, polisi kini tengah membentuk tim khusus untuk membekuk pelaku.

Video ini dibagikan oleh salah satu akun instagram @agoez_bandz4, Rabu, 16 Desember 2020.

“Sebuah video memperlihatkan detik-detik percobaan penjambretan viral di media sosial. Harap berhati-hati jika meletakkan HP di handlebar (khususnya yang suka di jalan raya),” tulisnya.

Dalam rekaman yang beredar terlihat pengendara pemilik action cam tengah santai melintasi Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, sambil berbincang dengan rekan sesama pengguna skuter di sebelah kirinya.

Ketika memasuki Jalan Pamekasan, Menteng, tiba-tiba seorang pengendara motor matic memepet pengendara skuter. Penjahat ini mencoba meraih telepon genggam milik pengguna skuter listrik. Ponsel tersebut terletak di tengah setang dan dijepit sebuah holder.

Untungnya, upaya penjambretan itu gagal. Pencuri ponsel tak bisa menarik smartpone milik pengguna skuter listrik.

Penjambret itu pun langsung memacu motornya ke arah Jenderal Sudirman. Pengendara e-scooter dan temannya juga berusaha mengejar dengan menambah kecepatan tetapi tak berhasil karena penjahat tersebut menggeber motornya dan skuter kalah cepat.

“Pelajaran bagi kita semua agar lebih berhati-hati dalam meletakkan atau menaruh benda berharga,” tulis @agoez_bandz4 dalam caption akun instagramnya.

Walau pun seluruh kejadian terekam kamera, tetapi identitas motor tidak diketahui. Sebab pelaku mencopot pelat nomor kendaraan  bagian belakang. Ia diyakini sengaja melakukan hal itu agar tidak teridentifikasi. Sebagian wajah pelaku juga tak terlihat karena tertutup masker.

Namun netizen berharap polisi bisa mengidentifikasi pelaku karena di kawasan Menteng terdapat banyak kamera pengawas atau CCTV.

“Padahal daerah deket bunderan itu paling banyak cctvnya, gampang banget ngelacaknya..,” komen @jeffry_7_.

 “Nah ini pak Polisi harusnya bertindak pengguna motor tanpa plat nomer,” tulis @ibelmoto.

Kepolisian Sektor Menteng menyebutkan telah membentuk tim untuk mengejar pelaku. Petugas mengimbau masyarakat agar tidak meletakkan barang berharga seperti smartphone di tempat yang terlihat orang lain. 

Aksi penjambretan di jalan raya kembali muncul seiring tren bersepeda dan berskuter di jalan ibu kota. Pada November 2020, Polda Metro Jaya telah menerima 14 laporan kasus pembegalan terhadap pesepeda di jalan raya.

Tak tanggung-tanggung, seorang anggota TNI Kolonel Marinir Pangestu Widiatmoko, pernah menjadi korban begal saat bersepeda di Jalan Medan Merdeka Barat di depan Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat.

Kepolisian Polda Metro Jaya melakukan tindakan preventif dengan patroli-patroli, memetakan lokasi-lokasi yang dianggap rawan terjadi begal. Seperti di Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan jalan-jalan lainnya. Kemudian pihaknya juga melakukan penjagaan-penjagaan di tempat tersebut, baik petugas berseragam maupun berpakain preman. (act) 

Lihat juga: MERINGIS KESAKITAN, SEORANG PRIA DITERKAM BUAYA SAAT ASIK BERENANG 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral