Detik-Detik Empat Kios di Sukabumi Ambruk dan Masuk Sungai, Akibat Longsor | tvOne

Senin, 21 Desember 2020 - 09:11 WIB

Sukabumi, Jawa Barat - Empat kios di belakang Pasar Parungkuda, Kabupaten Sukabumi ambruk masuk ke aliran Sungai Cicatih, Minggu (20/12/2020) sekitar pukul 05.30 WIB.

 

Kios yang ambruk tersebut diduga terkena longsoran, sedangkan enam kios lainnya terancam terkena longsor susulan. Terlihat dalam rekaman video detik-detik kios di Pasar Parungkuda, Kabupaten Sukabumi ambruk. 

 

Sesaat sebelum pasar ambruk, tampak para pedagang dan pembeli sedang melakukan aktivitas di pasar tersebut. Longsornya empat kios yang berada di Pasar Parungkuda ini akibat hujan yang mengguyur daerah tersebut sejak semalaman.

 

Posisi kios yang berada di tebing ini ambruk tidak tersisa dikarenakan tebing tersebut tergerus air sehingga mengakibatkan longsor. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Para pedagang mengevakuasi diri sebelum longsor terjadi.

 

“Yang sisa ada di bantaran itu kan posisi sudah terancam jadi untuk diselamatkan atau seperti apa nanti akan diambil kebijakan dan koordinasi terkait,”  ungkap Saep Permana selaku petugas kecamatan.

 

Ditanya soal kerugian dari peristiwa tersebut, Saep mengatakan bahwa pihaknya belum bisa menafsir. “Untuk sementara kerugian kami belum bisa menafsir kalau lihat dari sisi bangunan keempatnya hancur total dan didalamnya ada barang dagangan sehingga kami belum bisa menafsir secara rinci,” katanya.

 

Lebih lanjut Ia menjelaskan akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemilik toko terkait kerugian yang dialaminya dalam peristiwa ini. Namun, jika dilihat secara fisik, bangunan hancur semua. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi masih melakukan evaluasi untuk mengantisipasi kios-kios lainnya yang juga berpotensi terkena longsoran. (adh)

 

Lihat juga: Angin Kencang dan Ombak Tinggi Terjang Pesisir Parepare

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral