Pemerintah Malaysia Siap Tindak Tegas Pembuat Video Pelecehan Lagu Indonesia Raya | tvOne

Senin, 28 Desember 2020 - 19:51 WIB

Kuala Lumpur, Malaysia – Pemerintah Malaysia telah mengetahui adanya video berjudul “Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video)” yang sangat menghina bangsa Indonesia. Mereka siap menindak tegas pembuat video pelecehan itu.

Video diunggah dua pekan lalu di YouTube oleh akun bernama MY Asean. Pelakunya mencantumkan lokasi Malaysia.

Kontributor tvOne di Kuala Lumpur, Malaysia, Rizki Ananda menyatakan bahwa masalah ini telah diangkat secara nasional di Negeri Jiran. Video yang melecehkan itu juga sudah diturunkan dari YouTube.

Meski demikian, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia telah membuat laporan ke Polisi Diraja Malaysia. Kepolisian setempat pun berjanji akan mengusut masalah ini sampai tuntas dan menegaskan bakal menindak tegas bila terbukti warga Malaysia yang melakukannya.

Sebuah akun YouTube bernama MY Asean mengunggah sebuah video yang mengina lagu kebangsaan Indonesia, “Indonesia Raya”. Pemilik akun mengubah lirik lagu ciptaan Wage Rudolf Supratman itu dengan kata mengejek.

Dalam videonya pengunggah menampilkan seekor unggas dengan tubuh bergambar lambing Pancasila. Di samping unggas tersebut terdapat dua anak yang sedang kencing.

Penghinaan tak hanya sampai di situ. Lirik lagu Indonesia Raya diubah sedemikian rupa dengan kata-kata yang sangat menghina. Pelaku juga mengejek nama dua presiden Indonesia yakni Joko Widodo dan Soekarno.

Unggahan ini membuat geram warganet Indonesia. Mereka ramai-ramai melontarkan kecaman dan kekecewaan. Netizen juga melaporkan video yang tak menghormati Indonesia ini.

Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia mengeluarkan sikap resminya melalui sebuah unggahan di akun Twitter resminya, @MYEmbJKT. Pernyataan berbentuk foto itu diunggah tanggal 28 Desember 2020.

Berikut adalah isinya:

Pernyataan Media

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta mendapatkan informmasi akan adanya video yang diduga diunggah di Malaysia yang melecehkan dan menghina Indonesia.

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta ingin menegaskan bahwa pihak berwenang Malaysia sedang melakukan penyelidikan atas kasus tersebut.

Bila terbukti video tersebut diunggah oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diambil sesuai dengan hukum dan perundangan yang ada.

Pemerintah Malaysia mengutuk keras tindakan buruk dan provokasi negatif yang berniat untuk merusak hubungan dua negara yang akrab antara Malaysia dan Indonesia

Jakarta 27 Desember 2020. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral