Proses Vaksinasi Dimulai, Wakil Gubernur Jatim Menjalani Vaksinasi | tvOne

Kamis, 14 Januari 2021 - 10:46 WIB

Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur. Selain Wagub Jatim, vaksinasi Covid-19 juga diikuti oleh sejumlah pejabat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim.

“Alhamdulillah proses vaksinasi berjalan lancar dan cepat juga. Tadi saya sempat tidak melihat lengan saya sih. Saya merasa lega dengan sedikit deg-degan, mungkin cukup manusiawi ya. Saya sendiri juga belum tahu kalau akan menjadi orang pertama di Jawa timur yang mendapatkan vaksin ini," kata Emil.

Emil mengajak masyarakat Jatim, setelah adanya program vaksinasi untuk tetap menerapkam protokol kesehatan

"Seperti yang diketahui sebelumnya pada Rabu kemarin, Presiden Jokowi telah melakukan vaksinasi bersama dengan penerima yang lain. Ini merupakan salah satu ikhtiar kami bersama, bukan berarti tidak lagi menerapkan protokol kesehatan lagi ya," kata Emil.

Ia mengatakan, Jawa Timur akan memfokuskan proses vaksinasi awal di tiga daerah, yakni Surabaya, Sidoarjo dan Gresik pada 15 Januari 2021. "Kalau prioritas awal ada di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Harapan kami dalam waktu sangat dekat proses vaksinasi dapat segera tersebar 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur," kata dia.

Ia menjelaskan, Jawa Timur juga sudah mendapatkan alokasi tambahan 120 ribu dosis vaksin yang akan datang pada awal Februari 2021. Di sisi lain juga terus dilakukan pelatihan kepada petugas penyuntik vaksin agar proses vaksinasi berjalan lancar.

"Rencana pada periode 4 Januari-Maret kami memberikan pelatihan kepada vaksinator total sebanyak 7.200. Hari ini sudah ada 2.404 vaksinator yang tersebar di 435 di rumah sakit rujukan dan 900-an di puskesmas," kata Emil.

Sementara itu, dalam vaksinasi pertama di Jatim itu juga terdapat 22 nama penerima, di antaranya adalah Wakil Ketua II DPRD Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kajati, Sekda Prov Jatim, Wakapolda Jatim, Ketua IDI Jatim, Kepala RS TNI AL Dr. Ramelan, Kabiddokes Polda Jatim, Kepala BBPOM Surabaya, Dirut RSUD Dr. Soetomo, Dekan FKM Unair, Deputi Direktur BPJS Kesehatan Jatim, Ketua DPW PPNI Jatim, Ketua SPSI, anggota PGRI, dan Youtuber atau influencer asal Malang Bayu Skak.

Selain itu juga ada anggota IBI Jatim, anggota Pemuda Hindu Jatim, anggota Pemuda Kristen Jatim, Pemuda Ansor Jatim, dan tokoh pemuda Jatim atau influencer Arrizal Liwafa. (ito)

(Lihat Juga: Sekjen MUI mendapatkan suntikan vaksin, tidak merasakan dampak seperti demam atau pusing

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral