Pasca-gempa Majene, Sejumlah Bangunan Fasilitas Umum Rusak, Listrik dan Jaringan Komunikasi Putus

Jumat, 15 Januari 2021 - 14:49 WIB

Majene, Sulawesi Barat - Gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang majene, Sulawesi Barat bukanlah yang pertama kalinya. Dalam rentang kurang dari sepekan, pada Kamis kemarin Majene pun diguncang gampang magnitudo 5,9 pada Kamis (15/1). Gempa bertitik pusat pada 6 km timur laut majene dengan kedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempa magnitudo 6,2 merusak dan meruntuhkan sejumlah bangunan dan menimbulkan korban jiwa.

"Laporan BPBD Mamuju, korban meninggal dunia tiga orang dan luka-luka 24 (orang). Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati dalam siaran pers BNPB.

Menurut dia, bangunan Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang berada di wilayah Kabupaten Mamuju mengalami kerusakan berat akibat gempa yang pusatnya berada di sekitar enam km arah timur laut Majene. 

Di Majene, menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), gempa memicu tanah longsor di tiga titik di sepanjang poros jalan Majene-Mamuju sehingga menyebabkan akses terputus dan mengakibatkan kerusakan 62  rumah rusak, satu puskesmas, dan bangunan Kantor Danramil Malunda.

BPBD sudah mendata dan mengevakuasi warga yang terdampak bencana serta mendirikan tempat pengungsian. Menurut laporan BPBD korban bencana membutuhkan bantuan pangan pokok, selimut, tikar, tenda, terpal, serta pelayanan medis.

Menurut pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa di  Majene guncangannya dirasakan di daerah Majene dan Mamuju pada skala IV-V MMI serta Palu, Mamuju Tengah, Mamuju Utara, dan Mamasa pada skala III

Hingga berita ini diturunkan pemerintah setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Polman dan Kabupaten Majene telah menyatakan korban meninggal tiga orang dan korban luka 200 orang.

BNPB menyalurkan bantuan untuk penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Mamuj

u dan Kabupaten Majene, antara lain delapan set tenda isolasi, 10 set tenda pengungsi, 2.004 paket makanan tambahan gizi. Selain itu 2.004 paket makanan siap saji, 1.002 paket lauk pauk, 700 lembar selimut, lima unit lampu menara, 200 unit velbed, 500 paket perlengkapan bayi, 500.000 masker kain, 700 pak mi sagu dan 30 unit generator set 5 KVA. (mii)

 

Lihat Juga: Petugas Evakuasi Warga Yang Tertimbun Reruntuhan Bangunan Imbas Guncangan Gempa Magnitudo 6,2

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral