Detik-detik Joe Biden Resmi Jadi Presiden Amerika Serikat | tvOne

Kamis, 21 Januari 2021 - 01:05 WIB

Jakarta - Joe Biden resmi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke 46 setelah mengucap sumpah di halaman Gedung Capitol, Washington DC, Rabu 20 Januari 2021 sekitar pukul 12.00 siang waktu setempat.

Upacara pengangkatan sumpah Biden sebagai Presiden AS dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Joh Roberts dan disaksikan sang isteri Jill Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris dan suami.

Biden berhasil menggantikan Donald Trump yang kalah dalam pemilihan Presiden pada November 2020 lalu. Diusianya yang ke 78 tahun, Biden menjadi atau Presiden AS yang tertua.

Usai ngucap sumpah, Biden pun memberikan pidato perdananya sebagai Presiden AS. Biden mengungkapkan hari ini sebagai kemenangan untuk rakyat Amerika Serikat."Ini adalah hari Amerika. Ini adalah hari demokrasi. Suatu hari sejarah dan harapan, pembaruan dan keputusan. Melalui wadah selama berabad-abad, Amerika telah diuji sebagai yang baru dan Amerika telah bangkit menghadapi tantangan tersebut. Hari ini kita merayakan kemenangan bukan dari seorang kandidat tetapi karena sebuah perjuangan, sebuah perjuangan demokrasi. Orang-orang - keinginan orang - telah didengar, dan keinginan orang-orang telah diperhatikan," ungkapnya.

Biden meminta setiap orang Amerika untuk bersatu untuk berjuang melawan segala tantangan yang dihadapi seperti ekstremisme, pelanggaran hukum, kekerasan, penyakit, pengangguran, dan keputusasaan.

Ditengah ancaman wabah virus covid-19 serta dampaknya yang melanda seluruh dunia, Biden mengajak rakyat AS untuk tetap optimistis berjuang dan bertahan. "Kita bisa mengatasi virus mematikan, kita bisa membangun kembali pekerjaan, kita bisa membangun kembali kelas menengah dan membuat pekerjaan aman, kita bisa menjamin keadilan rasial dan kita bisa menjadikan Amerika sekali lagi kekuatan terdepan untuk kebaikan di dunia. (NER)

Lihat juga: Erupsi Gunung Merapi, Lava dan Asap Putih Keluar dari Puncak | AKI Malam tvOne

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
03:32
02:20
01:02
12:54
01:37
Viral